https://jatim.times.co.id/
Berita

BPBD Jatim Gelar Pelatihan Asesmen Gedung dari Bencana Gempa Bumi dan Kebakaran

Selasa, 24 September 2024 - 16:32
BPBD Jatim Gelar Pelatihan Asesmen Gedung dari Bencana Gempa Bumi dan Kebakaran BPBD Jatim menggelar Pelatihan Asesmen Gedung di Ruang Siaga, Kantor BPBD Jatim, Senin (23/9/2024). (Foto: Dok. BPBD Jatim)

TIMES JATIM, SURABAYA – Guna meningkatkan kompetensi dan kapasitas SDM pegawai dalam menghadapi ancaman bencana Kebakaran dan gempa bumi, BPBD Jatim sepanjang Senin (23/9/2024) menggelar Pelatihan Asesmen Gedung di Ruang Siaga, Kantor BPBD Jatim. 

Kegiatan yang diikuti pegawai BPBD dari berbagai bidang dan sekretariat ini menghadirkan pemateri Setiabudi Anurcahya, Tenaga Ahli Senior Fire Protection Engineer yang juga Ketua Indonesian Fire Safety Manager's Assosiation (IFSMA) Jatim. 

Hadir membuka dan mewakili Kalaksa BPBD Jatim, Plt Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Dadang Iqwandy.

Dalam arahannya, Dadang Iqwandy mengungkapkan, kebutuhan untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM pegawai kini sudah menjadi keniscayaan yang harus dilakukan BPBD Jatim. 

Hal itu menyusul semakin banyaknya  tugas dan fungsi Tim BPBD Jatim dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya sebagai upaya peningkatan kapasitas kebencanaan masyarakat dan pengurangan risiko bencana. 

"Termasuk kemampuan dalam melakukan asesmen terhadap gedung atau kantor dari ancaman gempa dan kebakaran," contohnya. 

Sementara, Cak Bud, panggilan akrab Setiabudi Anurcahya juga menegaskan yang serupa. 

Itu karena BPBD dipandang memiliki kompetensi dalam penanganan bencana, baik saat pra bencana, saat terjadi bencana maupun saat pasca bencana. 

"Jadi, penguasaan asesmen gedung seperti ini juga harus dikuasai oleh teman-teman BPBD," ujarnya. 

Sementara, dalam pelatihan ini, banyak pendalaman materi yang diberikan. Di antaranya, soal sarana evakuasi, variabel yang diperlukan saat akan melakukan evakuasi, hingga variabel kelayakan sebuah bangunan dari ancaman bencana kebakaran dan bencana lainnya. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.