https://jatim.times.co.id/
Berita

UM Jadi Tuan Rumah AUG 2024 Cabor Bulu Tangkis hingga Voli Pantai

Selasa, 02 Juli 2024 - 19:42
UM Jadi Tuan Rumah AUG 2024 Cabor Bulu Tangkis hingga Voli Pantai Gelaran kompetisi bulu tangkis dalam AUG 2024 yang digelar di UM, Selasa (2/7/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) dipilih menjadi tuan rumah dalam gelaran ASEAN University Games (AUG) 2024. Ada 3 cabang olahraga (cabor) yang ditempatkan di UM. Yakni bulutangkis, voli pantai, dan panahan.

Diterangkan bahwa ada 178 atlet yang selama 4 hari ini akan bertandang di UM. Mereka berasal dari 7 negara di Asean. Yakni Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Timor Leste, Filipina, dan Myanmar

Rektor UM Prof Hariyono, MPd saat membuka gelaran kompetisi itu mengatakan, AUG 2024 tidak hanya sekedar kompetisi biasa. Menurutnya gelaran internasional ini merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengaplikasikan nilai-nilai sportivitas.

“Sportivitas itu yang harus kita junjung tinggi. AUG ini harus diakui juga untuk membangun peradaban, karena dalam membangun peradaban dibutuhkan kejujuran, kejujuran tidak mungkin bisa dilakukan tanpa sportifitas,” ujar Prof Hariyono, Selasa (2/7/2024).

Dia meminta, seluruh peserta bisa mengikuti pertandingan dengan memegang teguh sportivitas. Karena  kalah dan memang merupakan hal biasa dalam kompetisi.

“Saya berharap pertandingan ini bisa dilaksanakan secara fair secara jujur sehingga menang itu selalu diapresiasi oleh yang kalah dan yang kalah bisa memahami dan tanpa menjelekkan kawan kita yang kebetulan juara,” pungkas Rektor.

Pelaksana voli pantai yang juga pengurus pusat voli pantai Indonesia, Slamet Mulyanto menerangkan, atlet Indonesia yang diutus dalam ajang ini sebanyak 8 orang. Kemudian ada dari Thailand 8 orang, Malaysia ada 3 orang, dari Filipina 2 orang, dan dari Timor Leste ada 2 orang.

“Sistem kompetisi voli pantai AUG ini dibuat dengan dua nomor. Jadi ada nomor 2 kali 2, dan nomor beregu putra-putri. Dimulai dari nomor 2 kali 2 selama tiga hari, baru dua hari berikutnya bergrup,” ujar Slamet. 

Slamet yakin dengan segala fasilitas lengkap yang telah tersedia di UM, para peserta bisa beradu skill dengan maksimal. Harapannya seluruh peserta bisa menikmati setiap gelaran lomba, dan pulang dengan membawa prestasi. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.