https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

UNAIR Jadi Tuan Rumah PIMNAS ke-37, Tak Hanya Libatkan Mahasiswa Tapi Juga Masyarakat

Kamis, 03 Oktober 2024 - 18:29
UNAIR Jadi Tuan Rumah PIMNAS ke-37, Tak Hanya Libatkan Mahasiswa Tapi Juga Masyarakat Rektor UNAIR Prof Mohammad Nasih (kiri) saat konferensi pers PIMNAS ke-37. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Universitas Airlangga (UNAIR) ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksana Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-37. Dilaksanakan pada (14-19/10/2024) mendatang, PIMNAS kali ini akan mempertemukan 118 Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan total 525 tim.

"Tentunya perlu persiapan yang sangat intens untuk menyambut kedatangan mahasiswa-mahasiswa kreatif yang ide-ide nya luar biasa," ungkap Rektor UNAIR Prof Mohammad Nasih, Kamis (3/10/2024).

Kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa ini banyak difokuskan pada bidang akademik. Meski begitu, UNAIR memiliki inisiatif untuk melebarkan kebermanfaatan PIMNAS. 

"Sehingga tidak hanya diikuti dan dinikmati oleh peserta saja, melainkan juga seluruh civitas academica, bahkan masyarakat umum," terangnya. 

Seperti, lomba poster digital, pameran poster non-PKM, pameran pendidikan, SMA tengok PIMNAS, bazar makanan dan minuman, serta festival band yang melibatkan mahasiswa/siswa dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah di Indonesia. 

"Acara tersebut juga UNAIR siapkan sebagai penyegar disamping PIMNAS yang berkaitan dengan presentasi," tutur Prof Nasih. 

Menariknya, Kampus Top 4 di Indonesia ini juga mengundang para rekan bisnis untuk bertemu, menilai, memberikan masukan. Alih-alih cocok, nantinya bisa bekerja sama dengan karya mahasiswa untuk di industrialisasi. 

"Terutama di cluster karya inovatif, kami pertemukan dengan mitra bisnis baik investor nya maupun industrinya sendiri," imbuh rektor. 

Terkait persiapan, Prof Nasih mengaku masih belum 100 persen, karena masih ada venue yang dalam perbaikan. "Insyaallah minggu depan sudah siap semuanya dan mudah-mudahan lancar," harapnya. 

Untuk diketahui, acara yang dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI ini meliputi beberapa bidang diantaranya, PKM Kewirausahaan, Karya Cipta, Karya Inovatif, Penerapan IPTEK, Pengabdian kepada Masyarakat, Riset Eksakta, Riset Humaniora, Video Gagasan Konstruktif, dan PKM Gagasan Futuristik Tertulis. (*) 

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.