https://jatim.times.co.id/
Berita

SAKIP Award 2024, Kabupaten Majalengka Raih Predikat Sangat Baik

Kamis, 03 Oktober 2024 - 19:29
SAKIP Award 2024, Kabupaten Majalengka Raih Predikat Sangat Baik PJ Bupati Majalengka Dedi Supandi menerima penghargaan SAKIP Awards 2014. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MAJALENGKA – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Majalengka, Dedi Supandi, berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP Award 2024.

Saat menerima penghargaan tersebut, Pj Bupati Dedi Supandi didampingi bersama Pj. Sekda, Kepala Bapedalitbang, Inspektur dan Kabag Organisasi Setda Majalengka. 

"Kami bersyukur atas penghargaan ini, dan saya berharap hal ini dapat menjadi pemacu semangat bagi aparatur pemerintah di Kabupaten Majalengka untuk terus meningkatkan kinerja," ungkap Dedi Supandi, Kamis (3/10/2024).

Dedi menjelaskan bahwa SAKIP Award 2024 adalah penghargaan bagi instansi pemerintah yang telah menunjukkan kinerja akuntabilitas terbaik.

Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada hari kemarin. 

Lebih lanjut Dedi memaparkan bahwa SAKIP terdiri atas 4 komponen, mencakup Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Evaluasi Internal

Evaluasi akuntabilitas kinerja ini dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006, Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014, dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 88 Tahun 2021.

“Alhamdulillah, tahun 2024 Kabupaten Majalengka meraih penghargaan SAKIP Award 2024 dengan nilai BB atau sangat baik, berdasarkan pada penilaian MenpanRB," jelas Dedi.

Melalui evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau AKIP oleh Kementerian PANRB diharapkan dapat meningkatkan implementasi SAKIP, sehingga kinerja instansi pemerintah menjadi lebih tepat sasaran dan berorientasi pada hasil (result oriented government).

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Majalengka, Melati Pujilestari, menambahkan bahwa dengan kolaborasi tim pengampu SAKIP yang terdiri dari unsur Perencanaan dan Pengukuran (Bappedalitbang), Pelaporan Kinerja (Bagian Organisasi Setda) serta Evaluasi Internal (Inspektorat), serta bimbingan dari Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat dan pendampingan dari Kementerian PAN RB, Kabupaten Majalengka bisa naik peringkat dalam penilaian SAKIP di tahun 2024.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa pencapaian ini didukung oleh komitmen kuat dari Pj Bupati Kabupaten Majalengka, yang berperan penting dalam upaya peningkatan tersebut. 

"Setelah tiga tahun berturut-turut memperoleh predikat B (baik), tahun ini Kabupaten Majalengka berhasil mendapatkan predikat BB (sangat baik), dan Majalengka menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Barat yang berhasil lolos naik peringkat dari B ke BB," tukasnya. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.