https://jatim.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Ini 4 Jenis Pistol yang Mirip Digunakan Pelaku Aksi Koboi di Banyuwangi

Jumat, 17 Desember 2021 - 10:58
Ini 4 Jenis Pistol yang Mirip Digunakan Pelaku Aksi Koboi di Banyuwangi Jenis-jenis pistol. (FOTO: wikipedia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Beredar video seorang pria bertopi menodongkan benda mirip pistol ke arah remaja kurus di sebuah acara hiburan masyarakat. Video tersebut diduga direkam secara amatir di dalam acara sunatan yang menyuguhkan hiburan kesenian Jaranan di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pria berpostur tubuh agak gemuk tersebut mengenakan kaos lengan panjang berwarna hitam dan celana pendek berwarna krem dengan sendal jepit. Pria tersebut juga menggenakan waist bag di dadanya dan sebuah jam tangan di tangan kirinya.

Berikut 4 jenis pistol yang mirip benda seperti digunakan pria bertopi untuk menodong remaja kurus yang nampak dari video yang beredar.

M1911A1/ Colt 1911

M1911A1 Colt 1911Pistol jenis M1911A1/ Colt 1911 (Foto: WIkipedia)

Pistol jenis ini merupakan senjata melegenda buatan Amerika pada tahun 1911. Produk ini dikenal sebagai M1011 dan M1911A1. Senjata genggam ini tercatat telah digunakan lebih dari tiga puluh negara.

M1911 dan M1911A1 menggunakan standar peluru kaliber .45 dan merupakan produk fanatik yang banyak diminati. Militer Indonesia juga pernah menggunakan M1911A1 sebagai salah satu standar. Namun, sejak tahun 1999 diganti dengan pistol buatan lokal.

Oleh para pengguna, M1911A1 dan M1911 dikenal memiliki bentuk gagah dan terasa ergonomis. Letusan pelurunya sangat nyaring serta memiliki letalitas tinggi.

Browning Hi-Power atau Pindad P1/P2/P3

Pistok Jenis P2Pistol jenis Pindad P2 (Foto: WIkipedia)

Senjata Pindad P1 ini adalah pistol single action buatan perusahaan di Indonesia. Menggunakan peluru kaliber 9 mm ke dalam magazine isi 13 butir. Sementara Pindad P2 adalah pistol double action penerus P1.

Pindad P2 masih menggunakan kaliber 9 mm dengan total magazine isi 15 butir. Produk ini dirancang sebagai pistol handal dengan daya tahan tinggi.

Penerusnya, Pindad P3 tak jauh berbeda. Perbedaan hanya terletak di ukuran amunisi yang lebih kecil 7,65 x 17 mm (1,32 ACP). Dengan panjang laras 100 mm dan berat 800 gram. Pistol ini merupakan jenis Browning Hi-Power yang diproduksi versi Indonesia dengan lisensi dari FN Herstal.

Glock

GlockPistol jenis Glock (Foto: WIkipedia)

Pistol ini merupakan jenis senjata semi-otomatis berbingkai polimer yang dioperasikan dengan recoil pendek. Glock memiliki banyak tipe keluaran yang dirancang dan diproduksi oleh pabrikan Austria.

Glock memiliki kaliber 9 mm. Jenis ini juga digunakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk mempersenjatai unit khusus. Seperti di satuan khusus Brimob dan Densus 88 AT. Pistol ini dipilih karena tingkat keamanan, kekuatan dan akurasi yang mempunyai kualitas yang cukup tangguh.

Pistol Glock telah menjadi lini produk perusahaan yang paling menguntungkan serta memasok angkatan bersenjata nasional, badan keamanan, dan pasukan polisi setidaknya di 48 negara

Glock juga merupakan senjata api populer di kalangan warga sipil untuk rekreasi dan pertandingan menembak, pertahanan rumah dan diri, dan barang bawaan tersembunyi atau terbuka.

Baretta 92/ M9

Baretta M9Pistol jenis Baretta 92/ M9 (Foto: WIkipedia)

Jenis pistol ini adalah senjata api organik militer negeri Paman Sam. Ini juga banyak digunakan oleh tentara Amerika. Pistol jenis ini sesungguhnya lebih cocok digunakan sebagai senjata api lapangan. Selain karena ukurannya yang relatif besar dan panjang, pistol ini juga memuat banyak peluru. Ada 15 butir peluru ukuran 9x19mm.

Pistol ini lebih banyak diselipkan di pinggang atau di bawah ketiak yang dibungkus dalam holster ketimbang disembunyikan di balik baju.

Berdasarkan penelusuran TIMES Indonesia, video aksi koboi ini direkam di sebuah acara sunatan yang menyuguhkan hiburan kesenian Jaranan di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, pada Kamis (16/12/2021) kemarin. Dari keterangan Kepala Desa setempat, pria yang menodongkan pistol tersebut sempat mengaku sebagai aparat. (*)

Pewarta : Agung Sedana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.