https://jatim.times.co.id/
Berita

Proses Penyusunan Tata Tertib DPRD Banyuwangi 2024-2029 Tunjukkan Kemajuan Signifikan

Senin, 09 September 2024 - 22:04
Proses Penyusunan Tata Tertib DPRD Banyuwangi 2024-2029 Tunjukkan Kemajuan Signifikan Suasana rapat panja penyusunan tatib baru DPRD Banyuwangi periode 2024-2029. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Proses penyusunan tata tertib (tatib) baru DPRD Kabupaten Banyuwangi periode 2024-2029 terus mengalami kemajuan signifikan. Hingga saat ini, sebanyak 89 dari total 170 pasal dalam 22 bab telah disepakati bersama.

Ketua Panitia Kerja (Panja) Tatib, Ruliyono, mengungkapkan bahwa pembahasan tata tertib kali ini mendapat kontribusi berharga dari para anggota DPRD muda yang proaktif. “Banyak hal substansial yang tadinya tidak terpikirkan akhirnya masuk dalam tatib ini. Kami sangat mengapresiasi usulan dari anggota baru yang masih muda-muda,” kata Ruli usai memimpin rapat Panja pada Senin, (9/9/2024).

Ruliyono menegaskan bahwa tujuan dari pembahasan tata tertib adalah untuk menciptakan mekanisme kerja yang lebih baik dan efisien di lingkungan DPRD. Hal ini diharapkan dapat mendukung Pemkab Banyuwangi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan lebih baik.

“Terpenting, tatib ini harus dapat mengakomodasi kepentingan internal DPRD sekaligus bersikap objektif terhadap kepentingan eksternal, termasuk pemerintah daerah,” ujar Ruli, yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi.

Menurut Ruli, tata tertib ini dirancang untuk tidak memberatkan DPRD maupun eksekutif, tetapi tetap memfasilitasi jalannya pemerintahan daerah secara efektif dan efisien. “Kelebihan tatib DPRD ini berlaku di dalam, tetapi tatib DPRD juga menyikapi hak luar, baik itu eksekutif atau pun lainnya. Terpenting adalah bagaimana kinerja tatib ini sesuai dengan tupoksinya,” jelasnya.

Setelah tata tertib selesai, langkah berikutnya adalah pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD), seperti banggar, bapemperda, dan badan kehormatan. Ruli berharap proses ini dapat segera diselesaikan untuk mendukung jalannya pemerintahan daerah secara optimal.

“Perlahan, setelah tatib tuntas, alat kelengkapan ini juga akan kami kebut. Kami berharap rapat intensif ini bisa mempercepat penyelesaian tata tertib dan alat kelengkapan DPRD Banyuwangi,” tambahnya.

Dengan adanya rapat intensif dan kontribusi dari berbagai pihak, DPRD Kabupaten Banyuwangi berkomitmen untuk menyusun tata tertib yang tidak hanya efisien tetapi juga adil bagi semua pihak terkait. (d)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.