https://jatim.times.co.id/
Berita

LBH GP Ansor Kota Mojokerto Abadikan Almarhum Riyanto Lewat Buku Antologi

Senin, 08 Juli 2024 - 17:37
LBH GP Ansor Kota Mojokerto Abadikan Almarhum Riyanto Lewat Buku Antologi Peluncuran Penulisa Buku Antologi “Semangat Kepemudaan Ala Riyanto” oleh LBH GP Ansor Kota Mojokerto di Café Samitra 1934, Kota Mojokerto, Minggu (7/7/2024) (Dok. LBH GP Ansor for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MOJOKERTO – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemdua (GP) Ansor tengah mengabadikan kembali sosok almarhum Riyanto. Hal itu diwujudkan dalam penulisan antologi bertema “Semangat Kepemudaan Ala Riyanto”. Tidak hanya itu, LBH GP Ansor Kota Mojokerto juga berziarah ke makam almarhum Rianto.

Rianto adalah seorang banser yang gugur dalam mengamankan natal dan tahun baru tepatnya pada saat malam Misa Natal pada 24 Desember 2000. Kala itu, Riyanto terkena serpihan bom karena terlambat membuang bom yang terbungkus kantong plastik. Peristiwa itu terjadi di Gedung Sidang Jemaat Pantekosta di Indonesia (GSJPDI) Eben Haezer, Mojokerto.

Terkini, LBH GP Ansor Kota Mojokerto membuat monumen karya untuk mengabadikan sosok almarhum Riyanto utamanya pada sisi semangat kepemudaan sosok almarhum Riyanto.

Ketua LBH GP Ansor Kota Mojokerto, Lukman Sugiharto Wijaya menyatakan, Alm. Riyanto adalah sosok pemuda yang berani membela kebenaran. Semangat inilah tengah digali untuk ditularkan kepada sahabat-sahabat LBH GP Ansor Kota Mojokerto untuk berani menegakkan keadilan bagi sesama.

“Untuk menggali semangat alm. Riyanto kami melakukan ziarah kubur almarhum dan bersilaturahmi dengan keluarga almarhum Riyanto. Harapannya kami dapat mengenal lebih dalam sosok dari almarhum Riyanto,” jelas Lukman kepada TIMES Indonesia, Senin (8/7/2024).

Selain berziarah dan bersilaturahmi, rombongan LBH GP Ansor Kota Mojokerto juga berkunjung ke Gereja Eben Haizer, Kota Mojokerto. Saksi bisu peristiwa 24 Desember 2000 silam yang merenggut nyawa seorang pemuda Banser Kota Mojokerto.

Lukman juga menambahkan, pihaknya berencana untuk mengabadikan semangat kepemudaan almarhum Riyanto dalam sebuah buku antologi. Lantas, dilakukan peluncuran penulisan buku antologi bertema “Semangat Kepemudaan Ala Riyanto” di Café Samitra 1934, Surodinawan, Kota Mojokerto.

“Almarhum Sahabat Banser Riyanto adalah kader Ansor Banser yang patut diteladani untuk menjaga spirit perjuangan yang bersanad Ahlussunah Wal Jamaah Annahdliyah. Dan realisasi konkret dari implementasi kerukunan dan toleransi di NKRI ini,” Ketua PP LBH GP Ansor, H. Dendy Zuhairil Finsa, Senin (8/7/2024).

“Harapannya melalui Buku Antologi ini, nilai-nilai perjuangan Sahabat Banser Riyanto dapat kita teladani sebagai kader Ansor Banser dan LBH dan Semoga seluruh ikhtiar yg menjadi perjuangan kader Ansor Banser menjadi jariyah amal soleh kita,” pungkasnya.

Turut hadir dalam agenda ini, Ketua PP GP Ansor Bidang Advokasi, Hukum dan HAM & Ketua PP LBH GP Ansor, H. Dendy Zuhairil Finsa, S.H., M.H, Ketua dan Sekretaris PC GP Ansor Kota Mojokerto, Ketua dan Sekretaris LBH GP Ansor Kota Mojokerto, Ketua LBH GP Ansor Kabupaten Sidoarjo, Ketua LBH GP Ansor Kota Surabaya, Ketua LBH GP Ansor Kabupaten Mojokerto, Ketua dan jajaran PAC GP Ansor Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Pemerintah Kelurahan Prajuritkulon Kota Mojokerto, Advokat dan Paralegal di Mojokerto Raya. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.