https://jatim.times.co.id/
Berita

Pimpin Upacara Hari Santri Nasional 2024, Ini Pesan Pj Bupati Ponorogo

Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:40
Pimpin Upacara Hari Santri Nasional 2024, Ini Pesan Pj Bupati Ponorogo Pj Bupati Ponorogo Joko Irianto pimpin upacara Hari Santri 2024. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PONOROGOPj Bupati Ponorogo Joko Irianto memimpin upacara pacara Hari Santri Nasional (HSN) 2024 di Alun-alun Ponorogo Selasa (22/10/2024).

Upacara peringatan Hari Santri ini berlangsung sangat khidmat. Pj Bupati Ponorogo mengawali sambutannya atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengucapkan selamat Hari Santri Nasional Tahun 2024.

"Marilah kita jadikan hari yang bersejarah ini sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, merekatkan silaturahmi, menebar empati dan toleransi untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak sehingga terwujud Kabupaten Ponorogo yang harmoni dalam memajukan negeri," katanya.

upacara-11.jpg

Joko melanjutkan, Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bagi semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah.

"Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari," ucap Joko Irianto.

upacara-12.jpg

Menurutnya, dalam fatwa resolusi jihad itu, Hadratus Syekh Kiai Haji  Hasyim Asyari menyatakan bahwa 'Berperang menolak dan melawan penjajah itu fardhu ‘ain yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh'.

Hadir dalam upacara Hari Santri Nasional 2024, selain Pj Bupati Ponorogo Joko Irianto, hadir pula jajaran Forkopimda Ponorogo, Kepala OPD Pemkab Ponorogo, Pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Ponorogo, serta santri dari ratusan Pondok Pesantren di Ponorogo. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.