https://jatim.times.co.id/
Berita

Capacity Building Perkuat Peran Karang Taruna Lamongan Hadapi Tantangan Masa Depan

Minggu, 08 September 2024 - 17:08
Capacity Building Perkuat Peran Karang Taruna Lamongan Hadapi Tantangan Masa Depan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat memberikan sambutan dalam acara Capacity Building yang diselenggrakan Karang Taruna Lamongan di di Aula Gajah Mada Lantai 7 Gedung Pemkab Lamongan, Minggu (8/9/2024) (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Karang Taruna ke-64, Karang Taruna Kabupaten Lamongan menggelar Capacity Building di Aula Gajah Mada Lantai 7 Gedung Pemerintah Kabupaten Lamongan, Minggu (8/9/2024). 

Karena organisas ini sempat vakum selama 14 tahun, kegiatan yang menunjukkan semangat baru dan aktifnya organisasi kepemudaan ini berhasil menarik minat ribuan anggota Karang Taruna dari berbagai kecamatan di Lamongan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan, akan mendukung penuh   pengembangan Karang Taruna Kabupaten Lamongan. Melalui berbagai program, seperti capacity building, organisasi kepemudaan ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak pembangunan di daerah.

"Karang Taruna harus kita kuatkan agar benar-benar memiliki dampak positif bagi masyarakat. Dan dengan peningkatan kapasitas, diharapkan Karang Taruna dapat merancang program-program yang lebih inovatif," kata Pak Yes usai melaunching website Karang Taruna Lamongan. 

Bupati-Lamongan-Yuhronur-Efendi-b.jpg

Terlepas dari minimnya sumber daya alam, Kabupaten Lamongan memiliki keunggulan yang sangat berharga, yakni Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Pak Yes mengungkapkan, ini dibuktikan dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lamongan yang mencapai 74,5%, jauh di atas rata-rata Provinsi Jawa Timur dan nasional.

"Oleh karena itu Karang Taruna Lamongan harus menjadi wadah bagi pemuda untuk mengembangkan potensi diri dan berkontribusi dalam pembangunan daerah, Kanupaten Lamongan," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Lamongan, Achmad Ilham Zubairi, mengungkapkan, Capacity Building ini bertujuan untuk memompa semangat dan meningkatkan kapasitas para anggota dalam berinovasi.

"Kita ingin Karang Taruna tidak hanya aktif saat momen-momen tertentu saja, seperti saat peringatan HUT RI. Melalui kegiatan ini, kita ingin membangkitkan kembali karakter Karang Taruna dengan berbagai kegiatan inovatif," ujar Ilham. 

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memperkuat koordinasi antara Karang Taruna tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa. "Rencananya, akan ada pelatihan-pelatihan soft skill yang secara berkala digelar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Karang Taruna," katanya. 

Senada yang disampaikan Ilham, Melinda Ardia Pranesti, salah satu pengurus Karang Taruna Kabupaten Lamongan, Melinda mengatakan, kegiatan ini fokus pada upaya mengaktifkan kembali anggota yang sempat tidak aktif. 

"Kita akan melakukan koordinasi intensif dengan setiap kecamatan dan desa untuk mengajak anggota Karang Taruna kembali bergabung dan berperan aktif dalam pembangunan desa," ucap Melinda. 

Melinda mengungkapkan, antusiasme yang tinggi dari para peserta menunjukkan bahwa Karang Taruna Lamongan memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak pembangunan di tingkat desa. 

"Dengan semangat baru dan program-program yang terarah, kami berharap Karang Taruna di Kabupaten Lamongan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Lamongan," kata Melinda usai mengikuti kegiatan Capacity Building. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.