TIMES JATIM, PACITAN – SMPN 2 Ngadirojo Pacitan, menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS di kawasan Monumen Jenderal Sudirman. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya sekolah menyiapkan pengurus OSIS yang berkarakter, disiplin, dan memiliki jiwa kepemimpinan sejak dini.
LDK diikuti seluruh pengurus dan calon pengurus OSIS. Pemilihan Monumen Jenderal Sudirman bukan sekadar lokasi kegiatan, melainkan ruang belajar nilai-nilai kepemimpinan. Sosok Jenderal Sudirman dikenal sebagai teladan pemimpin yang sederhana, berintegritas, dan konsisten memperjuangkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.
Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pengarahan pembina OSIS. Dalam sambutannya, pembina menegaskan bahwa OSIS bukan hanya organisasi pelengkap sekolah, melainkan tempat belajar bertanggung jawab, bekerja sama, dan mengambil keputusan. LDK diharapkan menjadi bekal awal agar pengurus OSIS memahami peran dan fungsinya secara utuh.
Selama kegiatan, peserta menerima materi dasar kepemimpinan, manajemen organisasi, kerja tim, dan komunikasi. Materi disampaikan melalui diskusi, simulasi, serta permainan kelompok yang dirancang sederhana namun efektif untuk melatih kekompakan, keberanian berpendapat, dan kemampuan memimpin.
Nuansa Monumen Jenderal Sudirman memberi pengalaman berbeda bagi peserta. Di tengah suasana yang sarat sejarah, siswa diajak merefleksikan nilai perjuangan, keteguhan, dan sikap pantang menyerah yang diteladankan Jenderal Sudirman. Nilai-nilai tersebut diharapkan dapat diterapkan dalam kepemimpinan OSIS maupun kehidupan sehari-hari.
LDK ini juga menjadi ajang mempererat kebersamaan antaranggota OSIS. Melalui aktivitas kelompok, peserta belajar menghargai perbedaan, membangun solidaritas, dan bekerja dalam satu tujuan bersama.
Melalui kegiatan ini, SMPN 2 Ngadirojo berharap lahir pengurus OSIS yang tidak hanya aktif dan kreatif, tetapi juga matang dalam bersikap dan bertindak. LDK menjadi langkah awal menyiapkan pemimpin muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan. (*)
| Pewarta | : Yusuf Arifai |
| Editor | : Faizal R Arief |