https://jatim.times.co.id/
Berita

Menuju Pilkada Serentak 2024, KPU Jatim Kirim Kebutuhan Logistik Tahap Pertama 

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 10:46
Menuju Pilkada Serentak 2024, KPU Jatim Kirim Kebutuhan Logistik Tahap Pertama  Komisioner KPU Jatim saat paparan persiapan pengiriman logistik tahap pertama di Wyndham Hotel Surabaya, Jumat (4/10/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) mulai mengirimkan kebutuhan logistik tanpa pertama ke sejumlah gudang kabupaten maupun kota.

Logistik tersebut berupa kotak suara, bilik tinta, segel, hingga kabelties dan akan dikirimkan dalam dua tahap menuju Gudang KPU Kabupaten/Kota.

Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozak mengatakan, memang dalam aturan untuk pendistribusian dibagi ke dalam dua tahap.

Pihaknya mencatat kebutuhan kotak suara sebanyak 61.417 buah sudah termasuk 666 kotak suara cadangan, kemudian bilik suara sebanyak 121.502 buah, tinta sebanyak 121.502 buah.

“Untuk jumlah sementara kotak suara sudah terkirim 96 persen, bilik 94 persen, kabel ties 20 persen. Itu presentase yang sudah didapat kabupaten kota lewat Silog, dan pengiriman masih terus berproses,” katanya, Jumat (4/10/2024) kemarin.

Sedangkan untuk tahap dua pengiriman logistik yang berkaitan dengan paslon seperti surat suara dan daftar pasangan calon.

Ia menjelaskan, proses pengadaan surat suara ini masuk tahap dua karena KPU harus berkoordinasi dengan paslon terkait desain foto yang akan dipasang.

“Tahap dua kami sampaikan ke beberapa tim kampanye dan sudah masuk percetakan. Tinggal kami koordinasi langsung dengan para penyedia membahas jadwal percetakan, pembagian jadwal provinsi dan kabupaten/kota,” terangnya.

Adapun jumlah surat suara yang akan dicetak sebanyak 32.088.910 lembar, dan daftar paslon 60.751 lembar. Terkait proses pengadaan  melalui proses lelang via e-katalog dengan harga terendah.

“32 juta sekian itu sudah ditambah 2,5 persen cadangan di tiap TPS dari jumlah DPT yang ditetapkan 31.280.418 pemilih. Jumlah ini hanya surat suara untuk Pilgub saja, kalau kabupaten/kota sudah menyesuaikan sendiri,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.