https://jatim.times.co.id/
Berita

Hotel Majapahit Surabaya MGallery Hadirkan Tur Sejarah Paling Berkesan

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 10:34
Hotel Majapahit Surabaya MGallery Hadirkan Tur Sejarah Paling Berkesan Tamu dapat menjelajahi arsitektur Hotel Majapahit Surabaya MGallery sepanjang tur sejarah.(Dok.Hotel Majapahit Surabaya MGallery)

TIMES JATIM, SURABAYAHotel Majapahit Surabaya MGallery mempersembahkan pengalaman unik dengan mengajak masyarakat untuk mengenal dan mencintai sejarah kota secara lebih mendalam.

Perayaan Heritage Day atau Hari Warisan di Hotel Majapahit Surabaya MGallery seolah menghidupkan kembali sejarah melalui penjelajahan ruang dan waktu.

Hotel ini dikenal dengan arsitekturnya yang megah dan gaya kolonial Belanda yang kental. Didirikan pada tahun 1910 dengan nama asli "Hotel Oranje". Hotel ini merupakan salah satu hotel tertua di Indonesia.

"Sebagai salah satu ikon paling bersejarah, Hotel Majapahit berperan penting dalam upaya memperdalam pemahaman dan apresiasi terhadap warisan budaya Surabaya melalui program Heritage Hotel Tour," terang Marcomm Hotel Majapahit Surabaya MGallery, Essa Adeline, Sabtu (5/10/2024).

Tur ini akan dimulai dengan sajian minuman selamat datang Wedang Uwuh guna mempersiapkan tamu untuk menikmati perjalanan sejarah yang mendalam.

Setelah itu, para tamu diajak menonton video singkat yang menceritakan sejarah panjang dan penuh warna dari Hotel Majapahit.

Pengalaman dilanjutkan dengan kunjungan ke toko suvenir dan galeri mini. Tamu dapat melihat berbagai kerajinan tangan lokal seperti batik, ecoprint, kerajinan kayu, tembikar, buku, serta koleksi barang antik yang telah dilestarikan sejak tahun 1910 dari era Hotel Oranje.

Selama tur, tamu dipandu oleh staf hotel yang berpengalaman untuk mengunjungi tempat-tempat ikonik seperti Room 33, Charlie Chaplin Room, dan Flag Terrace, yang masing-masing menyimpan cerita sejarahnya sendiri.

Tur ini diakhiri dengan sesi high tea yang mewah di Lobby Garden atau Lobby Lounge, di mana para tamu dapat bersantai dan menikmati suasana elegan hotel ini.

Sebagai kenang-kenangan, setiap tamu akan mendapatkan foto Polaroid yang akan dipajang di lobi hotel sebagai bukti partisipasi mereka dalam tur ini.

"Kampanye ini juga didukung oleh kolaborasi dengan komunitas-komunitas lokal dan influencer untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan minat masyarakat terhadap Heritage Hotel Tour," ungkap Essa.

Jadi Mau Kemana, salah satu channel kreator yang aktif di Instagram, TikTok, dan YouTube, ikut serta dalam kampanye ini dengan fokus mengangkat potensi wisata di Indonesia, khususnya melalui sejarah, budaya, dan nilai-nilai kearifan lokal yang masih dilestarikan.

Berdiri sejak tahun 2022, Jadi Mau Kemana memiliki lebih dari 300.000 pengikut di TikTok, 134.000 pengikut di Instagram, dan lebih dari 1.000 subscriber di YouTube.

Misi utama mereka adalah menginspirasi masyarakat lokal untuk turut serta mempromosikan wisata di daerah mereka, yang diharapkan dapat berdampak positif bagi komunitas setempat.

Selain itu, Let’s Walk Indonesia, komunitas walking tour yang didirikan oleh Cak Surabaya, Bintang Rahadian Sukma pada tahun 2021, juga turut mendukung program ini.

Komunitas ini dikenal karena menyelenggarakan tur berjalan kaki, baik di dalam Kota Surabaya maupun di luar kota, termasuk tur eksklusif seperti Heritage Hotel Tour di Hotel Majapahit Surabaya MGallery dan telah memandu sekitar 400 peserta hingga saat ini. 

Salah satu Key Opinion Leader yang juga terlibat dalam kampanye ini, Prytha Pramesthi, berbagi pengalamannya mengikuti tur ini untuk kedua kalinya.

"Kali ini, saya mengajak anak-anak karena tur ini adalah cara yang menyenangkan dan menarik untuk belajar sejarah bersama keluarga," ujar Prytha.

Program ini ditawarkan dengan harga IDR 165,000++ per orang dan tersedia setiap hari pada pukul 14:00 dan 16:00, tanpa minimum jumlah peserta. Reservasi diperlukan maksimal dua hari sebelum tur berlangsung.

Hotel Majapahit Surabaya sendiri merupakan hotel legendaris. Salah satu hotel bersejarah yang terletak di Surabaya, Indonesia.

Hotel ini dikenal dengan arsitekturnya yang megah dan gaya kolonial Belanda yang kental. Didirikan pada tahun 1910 dengan nama asli "Hotel Oranje", hotel ini merupakan salah satu hotel tertua di Indonesia.

Hotel ini dirancang oleh arsitek Belanda, dan merupakan contoh yang sangat baik dari arsitektur kolonial Belanda.

Bangunan ini memiliki fasad yang indah dengan detail ornamen yang rumit. Selama bertahun-tahun, hotel ini telah menjadi saksi berbagai peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, termasuk peristiwa yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

Hotel Majapahit Surabaya menawarkan berbagai fasilitas mewah termasuk kamar-kamar yang elegan, restoran, kolam renang, spa, dan ruang pertemuan. Hotel ini juga memiliki taman yang luas dan area lounge yang nyaman.

Terletak di pusat kota Surabaya, hotel ini strategis untuk mengakses berbagai tempat penting di kota, seperti pusat perbelanjaan, kawasan bisnis, dan objek wisata.

Hotel ini sering menjadi tuan rumah acara-acara budaya dan perayaan khusus, serta sering digunakan untuk pertemuan dan konferensi.(s)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.