https://jatim.times.co.id/
Berita

Warsubi-Salman Komitmen Kembangkan Sektor Pariwisata di Jombang

Kamis, 03 Oktober 2024 - 17:41
Warsubi-Salman Komitmen Kembangkan Sektor Pariwisata di Jombang Warsubi-Salman saat kunjungan di Wisata Sumberboto, Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jombang nomor urut 2 H. Warsubi - KH. Salmanuddin Yazid atau Gus Salman (WarSa) berkomitmen akan memajukan sektor pariwisata sebagai penopang ekonomi warga setempat.

Hal itu disampaikan oleh Cabup (Calon Bupati) Warsubi saat mengunjungi wana wisata Sumberboto Kecamatan Mojowarno, Rabu (2/9/2024). Kedatangan Warsubi didampingi oleh Cawabup yang akrab disapa Gus Salman, serta para pendukungnya.

Wisata-Sumberboto-Jombang-2.jpg

Begitu turun dari kendaraan, pandangan Warsubi dan Salman menyapu hijaunya pepohonan yang berdiri kokoh di sekitar Sumberboto. Angin semilir berhembus membuat suasana semakin segar. Gemericik air juga terdengar dari kolam yang bersumber air perbukitan. Sumber air alami.

Warsubi-Salman yang kompak mengenakan baju biru langit kemudian duduk di gazebo berbahan bambu dan beratap jerami. Para pendukung ikut menemani. Mereka berbincang ringan tentang Sumberboto, wana wisata yang menjadi idola remaja pada zamannya.

Sejumlah pengunjung dan penjaga wana wisata yang kebetulan melintas langsung bersalaman dengan Cabup-Cawabup Kabupaten Jombang ini. Warsubi dan Gus Salman melayaninya dengan telaten. Dalam kesempatan itu, keduanya juga sempat melihat kolam renang, bumi perkemahan, dan ditutup dengan salat berjamaah di musala yang berada di lokasi.

Bagi Warsubi, mengunjungi Sumberboto mengingatkan dirinya saat muda. Betapa tidak, tempat wisata yang berada di Desa Japanan Kecamatan Mojowarno ini sangat indah bak lukisan alam. Pohon berukuran besar berdiri kokoh di tempat itu. Berderet bagai pagar raksasa.

Ada juga sumber air alami yang masuk ke kolam renang. Para pengunjung dimanjakan dengan kolam berair alami. Dingin dan menyegarkan. Semua itu semakin klop dengan hadirnya bumi perkemahan yang luas. 

"Dulu saat SMA pernah main ke sini bersama teman-teman. Dari Jombang ramai-ramai naik sepeda motor. Dulu sangat indah. Bagus sekali pemandangannya," kata pria yang akrab disapa Abah Warsubi ini.

Waktu terus berlalu. Lipatan kalender terus berganti. Nah, saat datang kembali ke wana wisata tersebut, mantan Kades Mojokrapak Kecamatan Tembelang ini sangat kaget. Pasalnya, hutan di Sumberboto mulai gundul, infrastruktur juga rusak.

Sudah begitu, Sumberboto juga sepi pengunjung. Oleh sebab itu, pasangan Warsubi-Salman siap menghidupkan kembali wisata di Jombang. Bukan hanya Sumberboto, tapi juga wisata lainnya. Karena ketika sektor wisata maju, maka bisa meningkatkan pendapatan asli daerah. Selain itu juga bisa menumbuhkan UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro). 

"Jika wisata tumbuh, maka akan diikuti pertumbuhan UMKM di Jombang. Kedepannya, kesejahteraan masyarakat akan meningkat, karena UMKM mampu menciptakan lapangan kerja. Jika berjalan seiring, ini sangat luar biasa," katanya.

Khusus untuk Sumberboto, lanjutnya, harus ada kerja sama yang harmonis antara Pemkab setempat dengan Perum Perhutani. Karena wana wisata tersebut masuk wilayah Perhutani. "Tentu Perhutani memiliki regulasi sendiri. Jadi harus ada kerja sama, semisal untuk perbaikan infrastruktur," ujar Abah Warsubi.

Seperti diketahui pasangan Warsubi-Salman adalah Cabup-Cawabup yang akan bertarung di Pilkada Jombang 27 November 2024. Pasangan nomor urut 2 ini diusung oleh sejumlah partai. Di antaranya, Partai Gerindra (8 kursi), PKB (12 kursi), Partai Golkar (5 kursi), PKS (3 kursi), serta Partai Nasdem (2 kursi). Totalnya 30 kursi. Sedangkan partai non-parlemen yang memberikan rekomendasi untuk pasangan ini adalah PAN (Partai Amanat Nasional), PSI (Partai Solidaritas Indonesia) dan Partai Gelora

Sementara sang rival yang merupakan petahana, Paslon Mundjidah-Sumrambah nomor urut 1 diusung Partai Demokrat, PPP, dan PDI Perjuangan. Sedangkan partai non parlemen ada Hanura, Partai Buruh, Partai Umat, dan PBB. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.