https://jatim.times.co.id/
Berita

Kedubes RI di Tunisia Ajak Jelajahi Keindahan Banyuwangi, Tingkatkan Potensi Ekspor dan Wisata

Minggu, 08 September 2024 - 19:32
Kedubes RI di Tunisia Ajak Jelajahi Keindahan Banyuwangi, Tingkatkan Potensi Ekspor dan Wisata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas saat bertemu Duta Besar Tunasia, Zuhairi dan rombongan Tunasia saat berkunjung ke Banyuwangi (FOTO: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tunisia, mengajak delegasi pemerintahan dan jurnalis ternama Tunisia untuk menjelajahi keindahan Banyuwangi, dalam rangka meningkatkan potensi wisata dan ekspor daerah tersebut. Selama kunjungan pada 5 Agustus hingga 6 Agustus 2024.

Kunjungan yang difasilitasi oleh KBRI Tunis ibukota Tunisia tersebut, untuk melihat langsung berbagai potensi yang dimiliki oleh kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini.

Mulai dari pariwisata dan budaya hingga potensi ekonominya, dan tentunya memiliki daya pikat tersendiri di dunia internasional.

Duta Besar Tunisia untuk Indonesia, Zuhairi Misrawi, mengatakan Banyuwangi dipilih karena selain telah berkali-kali tampil di forum internasional, juga karena memiliki potensi besar yang bisa dipromosikan di Tunisia. 

"Keindahan alam Banyuwangi seperti Kawah Ijen, Pulau Merah, Teluk Hijau, G-land, dan lainnya sudah kita kenalkan di Tunisia. Karena itu dengan kunjungan ini diharapkan kunjungan wisatawan asal Tunisia ke Banyuwangi semakin meningkat," kata Zuhairi, Minggu (08/09/24).

Selain potensi wisata, menurut Zuhairi, Banyuwangi juga memiliki berbagai komoditas ekspor seperti furnitur, kopi, beras, buah-buahan, dan lainnya yang bisa menjadi komoditas ekspor di Tunisia. 

"Banyuwangi juga memiliki banyak komoditas ekspor yang diharapkan bisa menarik kerjasama investasi kedua negara," tambah Zuhairi. 

Selama di Banyuwangi rombongan dari Tunisia tersebut mengunjungi beberapa destinasi wisata di Banyuwangi seperti Kawah Ijen, dan lainnya serta melihat beragam atraksi seni kebudayaan. Mereka juga melihat langsung penerapan layanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyuwangi. 

Sebelum menjelajahi Banyuwangi, Dubes Zuhairi bersama rombongan bertemu Ipuk. Dalam pertemuan tersebut, Ipuk menceritakan berbagai potensi pariwisata Banyuwangi, mulai wisata berbasis alam hingga budaya. 

”Di Banyuwangi selain wisata alamnya, juga memiliki aneka seni budaya yang telah dilestarikan sejak ratusan tahun lalu, seperti gandrung, barong, seblang, kebo-keboan, dan lainnya," ucap Ipuk.

Ipuk juga menceritakan bagaimana kerukunan antar umat yang terus dirajut di Banyuwangi. "Kerukunan inilah kemudian yang menjadi modal besar bagi kami untuk membangun daerah," terangnya.

Ipuk menyampaikan beberapa komoditas Banyuwangi yang telah rutin ekspor ke berbagai negara. "Semoga kunjungan ini semakin merekatkan hubungan kedua negara," tambah Ipuk. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.