https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Cetak Generasi Aswaja ala KH Wahab Hasbullah, Wisudawan Unwaha Jombang Dibekali Buku

Minggu, 13 Oktober 2024 - 20:12
Cetak Generasi Aswaja ala KH Wahab Hasbullah, Wisudawan Unwaha Jombang Dibekali Buku Wisudawan pose dengan membawa buku berjudul ‘KH. Abdul Wahab Hasbullah: Pendiri NU, Penggerak NKRI’ saat wisuda sarjana di Halaman GOR Hasbullah Said Tambakberas, Jombang, Minggu (13/10/2024). (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah Jombang (Unwaha Jombang) menggelar wisuda sarjana (S1) di halaman GOR Hasbullah Said Tambakberas, Kabupaten Jombang, Minggu (13/10/2024).

Wisuda tahun 2024 ini nampak sangat spesial bagi para wisudawan. Pasalnya, selain telah dinyatakan lulus dan menyandang gelar sarjana (S1), sebanyak 622 wisudawan juga dibekali buku berkualitas.

Setiap wisudawan mendapatkan buku karya KH Abdul Mun’im Dz dengan judul ‘KH. Abdul Wahab Hasbullah: Pendiri NU, Penggerak NKRI’ sebagai bekal menapaki jejak pengabdian di masyarakat.

Tampak hadir dalam rapat senat terbuka ini, Ketua Yayasan Pesantren Bahrul Ulum KH Hasib Wahab bersama jajaran pengurus.

Hadir pula, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum (YPTBU) yang menaungi Unwaha, Hj Hizbiyah Wahab, Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo, calon wakil gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Calon Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan civitas akademika Unwaha Jombang.

Wisuda tahun akademik 2023 kali ini tidak hanya menjadi ajang perayaan kelulusan bagi ratusan mahasiswa Unwaha Jombang, tetapi juga menjadi momen penting yang menegaskan komitmen universitas dalam mendukung tercapainya visi Indonesia Emas 2045.

Rektor Unwaha Jombang Prof Dr Ir H Gatot Ciptadi, DESS, IPU, ASEAN Eng menyampaikan 622 sarjana produk Unwaha Jombang akan menyebar ke seluruh Indonesia.

"Sebagaimana idealisme yang dipilih Unwaha ingin menghantarkan para mahasiswa berguna bagi nusa bangsa serta agama. Saya atasnama pimpinan berharap dan berdoa mudah-mudahan para sarjana betul-betul bermanfaat bagi umat manusia di dunia," kata Prof Gatot Ciptadi dalam pidatonya.

Disampaikan bahwa, spirit yang selalu ditanamkan keluarga besar Unwaha Jombang adalah menjadi Ulul albab, yang dalam hidupnya selalu berusaha terus menerus untuk berzikir, berfikir dan beramal saleh.

Apapun profesi dan bidang yang akan digeluti, maka selayaknya terus melakukan dan mengarahkan, dengan begitu seluruh lulusan Unwaha Jombang akan menjadi orang yang unggul dan panutan bagi umat.

"Hal ini sejalan dengan tema yang diusung pada kesempatan wisuda tahun ini yaitu menyiapkan sumberdaya unggul menuju Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Sebagai sarjana dan kelompok terpelajar cendekia, kata Prof Gatot, wisudawan dituntut untuk mampu berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sarjana lulusan Unwaha, harus memiliki keunggulan, kecakapan, kedalaman spiritual. "Unggul karakternya, unggul intelektualnya dan unggul sosialnya," ujarnya.

Prof Gatot menjelaskan, persoalan sumber daya manusia akan semakin memperoleh perhatian yang sangat serius di abad ke 21 ini. Dengan adanya arus globalisasi yang sudah mencapai puncaknya, maka pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi berkembang begitu pesat dan cepat.

"Kondisi semacam ini akan berpengaruh terhadap akselerasi perubahan di seluruh lini kehidupan manusia baik itu bidang sosial, ekonomi, budaya politik dan pendidikan. Sehingga dengan hal ini tentunya perlu disikapi dan dibekali dengan keunggulan SDM," ujarnya.

Menuju 1 abad kemerdekaan Indonesia, pemerintah telah mencanangkan visi Indonesia Emas 2045 dengan misi utama yaitu pembangunan manusia serta penguasaan pengetahuan dan teknologi dan serta seni.

Sebagai pilar penting dalam mencetak generasi unggul, Prof Gatot menegaskan bahwa unwaha turut andil dan memiliki peran penting untuk menjawab segala tantangan di masa yang akan datang, melalui penyiapan SDM yang unggul dan berkarakter mulia.

"Pada lulusan ini tidak hanya memiliki bekal ilmu pengetahuan tetapi juga karakter mulia. Dan siap menjadi penggerak bagi kemajuan bangsa ini. Oleh karena itu saya amat sangat berbahagia dan bangga hari ini dan tentu saja saya ucapkan selamat kepada wisudawan yang telah berhasil diwisuda," kata Prof Gatot.

Di kesempatan ini pula, Prof Gatot juga menyampaikan bahwa Unwaha Jombang kini telah memiliki program Pascasarjana (S2) Pendidikan Agama Islam.

Bahkan Unwaha telah banyak menorehkan beragam prestasi serta mencatatkan namanya di berbagai anugerah, di kancah regional, nasional hingga tingkat internasional.

Untuk  itu ia berpesan kepada seluruh wisudawan untuk terus belajar jangan berhenti pada tahap wisuda ini.

"Tetap hormat dan berbakti kepada orang tua karena kepada merekalah yang paling berjasa bagi anda semua hingga saat ini. Jangan pernah berhenti dalam berikhtiar dan berdoa, yang terakhir jagalah almamater Unwaha Jombang tercinta," pesannya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.