https://jatim.times.co.id/
Gaya Hidup

Berkenalan dengan Disney Princess yang paling Ikonik Sepanjang Masa

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 01:01
Berkenalan dengan Disney Princess yang paling Ikonik Sepanjang Masa Disney Princess yang ikonik sepanjang masa. (FOTO: pinterest)

TIMES JATIM, JAKARTADisney Princess selalu sukses memikat para gadis di dunia. Dengan tampilan yang menawan mereka dijadikan role model bagi anak-anak perempuan. 

Selain ilustrasi gambar yang dibikin menarik, kisah para putri di dunia Disney juga memang asik dan seru. Kisah para putri itu bahkan menjadi dongeng sebelum tidur paling populer. 

Tak kalah seru, film animasi yang menampilkan Princess Disney juga sangat menawan. Terlebih dengan lagu atau original sountrack yang apik. Nggak heran ya kalau Disney Princess begitu dicintai.

Princess Disney sangat banyak ya, tapi hanya beberapa saja yang paling ikonik. 

Yuk kenalan dengan Disney Princess yang ikonik sepanjang masa

Cinderella

Siapa tak kenal Cinderella yang ikonik dengan sepatu kacanya? Yup, Cinderella salah satu karakter Disney yang paling populer. 

Kisah hidupnya yang merana sebagai anak tiri namun happy ending karena menikah dengan Pangeran tampan itu sukses menghipnotis pembaca dan penonton. 

Bahkan kisah ini dibuat berulang dalam berbagai versi di seluruh dunia. 

Karakter Cinderella diciptakan oleh Giambattista Basile 1634. Namun kemudian ditulis ulang oleh Charles Perrault seorang asal Perancis pada 1697. Versi Perrault rupanya lebih menarik dan populer. 

Walt Disney baru membuat versi filmnya pada 1950 dengan sentuhan sutradara dan animator Clyde Geronimi, Hamilton Luske, serta Wilfred Jackson.

Oiya nama Cinderella sendiri berarti abu halus dalam bahasa Perancis. Nah di Indonesia cinderella menjadi Upik Abu. 

Snow White

Disney-Princess-2.jpg

Snow White tak kalah populer dengan Cinderlla. Karakter ini muncul dari cerita rakyat di Eropa. 

Disney meluncurkan film animasi Snow White pada 1937. Lebih dulu dari pada Cinderella, Snow White dinobatkan sebagai Disney Princess pertama oleh Walt Disney. 

Film ini kemudian juga diadaptasi menjadi beberapa versi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dongeng Swow White bernama Putri Salju. 

Kisah Snow White memang sangat dramatis. Ia tinggal di istana bersama ibu tirinya Ratu jahat. Ia sangat cantik dan memiliki suara yang merdu membuat Ratu jahat sangat iri. Snow White kemudian diperlakukan kasar. 

Snow White kemudian kabur ke hutan dan bertemu dengan kurcaci,. ia kemudian berkawan baik dengan para kurcaci itu. 

Aurora 

Dalam film Sleeping Beauty, Aurora menjadi karakter utamanya. Nama Aurora berasal dari bahasa Latin yang berarti dini hari. Ada juga yang mengartikan Aurora sebagai Fajar Pagi.

Film Sleeping Beauty mengisahkan seorang putri yang dikutuk oleh penyihir untuk tidur selamanya. Ia hanya akan terbangun saat seorang pangeran menciumnya. Pada versi filmnya Aurora tertidur selama dua bulan. 

Ariel 

Ariel karakter ikonik dalam film The Little Mermaid. Baru-baru ini film tersebut dibuat versi life actionnya.

Film ini mengisahkan seekor duyung setengah manusia yang ingin menjadi manusia seutuhnya. 

Ia sangat gigihi berjuang supaya bisa menjadi manusia. Seperti sifatnya yang gigih, nama Ariel juga berarti tangguh kuat dan teguh pendiriannya dalam bahasa Ibrani. 

Warna rambut merah menyala dan sirip kaki hijau menjadi sangat ikonik bagi Ariel. 

Belle 

Disney-Princess-3.jpg

Beauty and The Beast salah satu film Princess Disney yang terlaris. Karakter utamanya Belle digambarkan sangat cantik dan sempurna. 

Ditambah alur cerita yang mengharu biru membuat penonton terpesona dengan Belle. 

Belle merupakan tawanan di semuah kastil di tengah hutan rimba. Ia dijaga oleh seorang dengan wujud yang mengerikan. Sosok seram itu rupanya sang Pangeran yang dikutuk. 

Dan Pangeran berubah kembali ke wujud semula setelah menemukan cinta sejatinyam yaitu Belle. 

Jasmine

Jasmine pasangan dari Aladdin. Karakter ini bukan dari Eropa, namun diambil dari Timur Tengah. Meski begitu, kisah Aladdin ini merupakan cerita rakyat yang populer di Inggris pada abad pertengahan. 

Kisah Aladdin ditulis oleh seorang orientalis Perancis Antoine Galland pada abad ke-18. Kisah Aladdin masuk dalam bukuu 1001 Malam yang diterbitkan di Eropa kala itu. 

Aladdin bercerita tentang seorang miskin yang pemberani dan kuat. ia kemudian menemukan lampu ajaib yang dapat memenuhi tiga permintaan. 

Dari lampu itu muncul jin biru yang kemudian menjadi sahabatnya. Di sisi lain ada gadis cantik bernama Jasmine yang jatuh cinta pada Aladdin. 

Pocahontas

Kisah keberanian Pocahontas mengisnpirasi pada gadis. iia seorang putri kepala suku yang sudah dijodohkan dengan Kocoum. 

Pocahontas pun menolak perjodohan itu, karena ia telah melabuhkan hatinya pada kapten John Smith, yang berasal dari Eropa. 

Ia kemudian memutuskan ikut Kapten John untuk keliling dunia. Sayang keputusan itu kemudian menyulut perang antar suku. 

Karakter Pocahontas ini digambarkan unik, karena meski berasal dari Amerika, namun ia tidak berkulit putih dan tidak bergaun cantik seperti Princess Disney lainnya. 

Mulan

Mulan juga karakter Princess Disney yang berbeda dan ikonik. Ia bukan berasal dari Eropa maupun Amerika, namun asalnya dari China. 

Kepribadiannya mirip Pocahontas, yang pemberani dan kuat. Mulan adalah jagoan perempuan yang keren. 

Ia memiliki kemampuan beladiri yang tangguh bahkan bergabung dengan tentara angkatan perang. 

Dikisahkan Mulan yang bernama lengkap Hua Mulan menyamar menjadi laki-laki supaya bisa bergabung dengan prajurit perang untuk melawan tentara Hun. 

Selain film animasi, Mulan juga telah diproduksi versi live actionnya dan itu sukses. 

Rapunzel

Disney-Princess-4.jpg

Princess Disney yang ikonik selanjutnya ada Rapunzel. Jika melihat rambut panjang pasti yang diingat Rapunzel. 

Rapunzel diangkat dari dongeng asal Jerman yang dikarang oleh Grimm bersaudara dan diterbitkan pertama kali tahun 1812. 

Karakter Rapunzel muncul dalam film Tangled kali pertama tayang pada tahun 2011. Usianya memang terbilang baru jika dibanding Princess lainnya, namun penonton langsung jatuh cinta dengan Rapunzel dengan rambut emasnya yang ikonik. 

Ia merupakan anak yang memiliki keistimewaan pada rambutnya. Mengetahui keistimewaan itu, seorang penyihir menculik dan membesarkannya di tengah hutan. 

Hingga satu ketika ia sadar bahwa dirinya merupakan korban penculikan. Rapunzel pun kabur dibantu oleh Flynn Rider. 

Moana

Satu lagi karakter Disney Princess yang ikonik, namanya Moana. Tak seperti Princess lainnya yang tampil dengan gaun, Moana justru unik karena mengenakan pakaian tradisional suku Motunui. 

Diagambarkan suku tersebut terletak di Polinesia. Jadi Moana memiliki kulit sawo matang dan rambut hitam ikal serta mata bulat menawan. 

Moana juga tidak memiliki pangeran seperti Putri lainnya. Moana merupakan putri dari Kepala Tui, peminpin suku Motunui. 

Ia sangat pemberani dan berkemauan keras. Moana ingin berlayar ke segala penjuru dunia danmenyatukan peninggalan Dewi Te Fiti untuk menyelamatkan rakyatnya. 

Kabarnya Disney tengah menyiapkan Moana versi live action. Jika tidak ada kendala, film ini akan mulai syuting pada November 2023 dan akan dirilis pada akhir 2024 mendatang. 

Zendaya dan Novia Bachmid tengah bersaing untuk peran Moana. 

Merida

Keuinikan dari Merida adalah rambut merah yang bergelombang cenderung keriting. Sangat ikonik sekali.

Merida merupakan karakter utama dalam film Brave. Ia merupakan gadis pemberani yang menolak perjodohan yang diatur oleh orang tuanya. 

Sebagai putri ia dididik dan dilatih untuk menjadi perempuan anggun. Namun ia lebih suka berlatih kuda dan memanah. 

Hingga akhirnya kemampuannya memanah dapat membantu kerajaannya dari serangan musuh. 

Elza dan Anna

Disney-Princess-5.jpg

Dua bersaudara Elza dan Anna masuk dalam jajaran Disney Princess yang ikonik sepanjang masa. 

Keduanya sangat dicintai penggemar Disney karena kecantikannya yang tiada tara. Film Frozen bahkan menjadi salah satu film animasi Disney yang paling banyak penontonnya. 

Di sisi lain, memang cerita Frozen menarik. Bahkan saking populernya, Disney sudah merilis 2 film Frozen. Kabarnya akan diproduksi untuk film ketiganya. Namun belum ada konfirmasi apapun dari pihak Disney. 

Jadi Disney Princess mana yang paling berkesan bagi Anda TIMES Lovers? (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.