https://jatim.times.co.id/
Berita

Koperasi Mahasiswa Polbangtan Malang Menjadi Mini Lab untuk Penumbuhan Wirausaha

Selasa, 27 Agustus 2024 - 20:44
Koperasi Mahasiswa Polbangtan Malang Menjadi Mini Lab untuk Penumbuhan Wirausaha Kunjungan dari Kepala Unit Pembangunan Karakter Taruna Politeknik AUP Jakarta, Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong pada Jumat (23/8/2024) di Polbangtan Malang. (Foto: Polbangtan Malang)

TIMES JATIM, MALANG – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) menerima kunjungan studi banding dari Kepala Unit Pembangunan Karakter Taruna Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) Jakarta, Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong pada Jumat (23/8/2024) di Ruang Wakil Direktur Polbangtan Malang.

Kunjungan ini bertujuan untuk membahas berbagai aspek kemahasiswaan, termasuk pembinaan karakter dan skema pengelolaan koperasi mahasiswa yang telah berhasil dijalankan oleh Polbangtan Malang. Koperasi Mahasiswa di Polbangtan Malang menjadi salah satu wadah strategis dalam menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa.

Koperasi Mahasiswa ini berfungsi sebagai mini lab yang mendukung pertumbuhan kewirausahaan, sejalan dengan program strategis Kementerian Pertanian (Kementan) yang bertujuan mendorong lahirnya wirausaha muda pertanian sebagai bagian dari upaya regenerasi petani.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan bahwa generasi muda adalah kunci dalam mengembangkan sektor pertanian karena mereka memiliki tekad, kreativitas, dan inovasi yang kuat. Oleh karena itu, dukungan Kementan dalam bentuk modal usaha dan pengembangan kompetensi sangat diperlukan.

Senada dengan arahan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Idha Widi Arsanti, menekankan pentingnya mahasiswa memanfaatkan inovasi dan teknologi informasi untuk mendukung karier mereka di bidang pertanian. "Mahasiswa harus cerdas dalam membaca peluang pasar, memahami karakter sosial masyarakat, dan memiliki kemampuan manajerial yang baik dalam pengambilan keputusan,” ujar Santi.

Polbangtan-Malang-a.jpg

Sebagai perguruan tinggi di bawah naungan BPPSDMP, Polbangtan Malang terus berkomitmen mempersiapkan generasi muda pertanian menjadi wirausaha unggul. Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, menambahkan, “Pembentukan Koperasi Mahasiswa merupakan bagian integral dari pembinaan karakter dan pengembangan kemampuan manajerial mahasiswa.”

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Andi Warnaen, menyambut baik kunjungan ini dan berharap studi banding ini dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan koperasi mahasiswa di Politeknik AUP dan Politeknik KP.

Kepala Unit Pembangunan Karakter Taruna Politeknik AUP Jakarta, Ismunandar menyampaikan apresiasinya, “Kami sangat menghargai kesempatan untuk belajar dari pengalaman Polbangtan Malang. Pertukaran pengetahuan ini tidak hanya bermanfaat untuk pengembangan karakter dan kemahasiswaan kami, tetapi juga memperkuat pengelolaan koperasi mahasiswa sebagai langkah strategis menuju kesiapan profesional di masa depan.”

Kegiatan studi banding ini diharapkan dapat mempererat kerja sama antara Polbangtan Malang dan Politeknik yang berada di bawah naungan di Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dengan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengelolaan kemahasiswaan, serta mendukung kemajuan wirausaha di Indonesia. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.