https://jatim.times.co.id/
Berita

Daftar ke KPU, Harmonis dan Madiun Menyala Dikalungi Selendang Batik

Rabu, 28 Agustus 2024 - 22:00
Daftar ke KPU, Harmonis dan Madiun Menyala Dikalungi Selendang Batik Sekretaris KPU Kabupaten Madiun mengalungkan selendang batik kepada pasangan Harmonis saat pendaftaran. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MADIUNKPU Kabupaten Madiun menerima pendaftaran dua bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati dalam sehari. Ahmad Dawami Ragil Saputra dan Sandhika Ratna Ferryantiko (Madiun Menyala) tercatat sebagai pendaftar pertama. Selanjutnya disusul pasangan Hari Wuryanto dan Purnomo Hadi (Harmonis). Kedua pasangan tersebut diketahui menggelar deklarasi sebelum berangkat ke kantor KPU setempat. 

Deklarasi dan pemberangkatan pasangan Madiun Menyala digelar di rumah Ahmad Dawami atau dikenal dengan panggilan Kaji Mbing di Desa Sumberejo, Kecamatan/Kabupaten Madiun pukul 09.00 WIB.

Pada 10.30 WIB bersama sekitar seratus orang dari pengurus partai politik pendukung, simpatisan dan pendukung, pasangan Madiun Menyala menuju kantor KPU Kabupaten Madiun. Parpol pengusung pasangan ini adalah Partai Demokrat dan PDIP.

KPU-Kabupaten-Madiun-b.jpgKetua KPU Kabupaten Madiun menerima berkas pendaftaran bapaslon dari pasangan Madiun Menyala. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

Sedangkan pasangan Harmonis menggelar deklarasi dan pemberangkatan di RTH Perumahan Mojopurno, Kelurahan Munggut, Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Kegiatan itu diikuti sekitar seribu orang. Rombongan menuju kantor KPU setempat pukul 13.00 WIB. Harmonis diusung Partai Golkar, PKB, Nasdem, PKS, Hanura, Gerindra, PAN, PBB, Garuda, Ummat, PSI, dan PKN.

Kedatangan dua bapaslon ke kantor KPU Kabupaten Madiun disambut dengan kalungan selendang batik berlogo KPU. Setelah penyerahan berkas, kedua pasangan juga diberi suvenir maskot Pilkada 2024 yang diserahkan oleh Ketua KPU Kabupaten Madiun.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Kabupaten Madiun Nur Anwar mengungkapkan berkas persyaratan pendaftaran bapaslon sudah lengkap. Selanjutnya KPU akan melakukan penelitian dan verifikasi hingga 4 September 2024 nanti.

"Hasil penelitian berkas nanti akan disampaikan. Apakah perlu ada perbaikan atau tidak," jelas Nur Anwar.

Selanjutnya, bapaslon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP dr Soetomo Surabaya. Untuk jadwal pelaksanaan, KPU masih berkoordinasi dengan rumah sakit.

"Karena barengan dengan daerah lain maka kami pastikan dulu jadwalnya kapan. Nanti bapaslon akan berangkat untuk pemeriksan kesehatan difasilitasi KPU," jelas Anwar. 

Pendaftaran bapaslon Bupati/Wakil Bupati Madiun akan ditutup pada Kamis 29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB. Dua bapaslon yakni pasangan Madiun Menyala dan Harmonis telah mendaftar di hari kedua pendaftaran, Rabu 28 Agustus 2024. Pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada 2024 akan ditetapkan KPU Kabupaten Madiun pada 22 September 2024. (*)

Pewarta : Yupi Apridayani
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.