https://jatim.times.co.id/
Berita

Banyuwangi Berduka, Perupa Legendaris S Yadi K Telah Berpulang

Sabtu, 14 September 2024 - 08:48
Banyuwangi Berduka, Perupa Legendaris S Yadi K Telah Berpulang Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengunjungi rumah duka perupa legendarisnya, S. Yadi K (Foto: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Banyuwangi berduka atas kepergian salah satu perupa legendarisnya, S Yadi K, yang tutup usia pada Kamis pagi (12/9/2024) di RSUD Blambangan. Seniman yang dikenal dengan karya-karya penuh dedikasi ini meninggal dunia di usia 66 tahun.

Di saat kondisi kesehatan pria kelahiran 6 Agustus 1958  cukup lama menurun. Namun, dalam kondisi kurang sehat, Yadi masih saja menyempatkan waktu untuk melukis.

"Banyuwangi kehilangan sosok seniman yang berdedikasi. Selamat jalan Pak Yadi, karya-karyamu akan selalu dikenang," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Sabtu (14/9/2024).

Orang nomor satu di Bumi Blambangan ini bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengunjungi rumah duka di jalan Widuri, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah, pada Jumat (13/9/2024), dan diterima langsung istri almarhum, Khotimah Syam beserta keluarga dengan turut membacakan tahlil.

Ipuk mengatakan sudah cukup lama mengenal pelukis kenamaan yang memiliki nama asli Supriyadi bin Kusnun tersebut. 

"Banyak karya-karya beliau yang menginspirasi terutama bagi seniman-seniman muda di Banyuwangi, bahkan di Indonesia," ucap Ipuk.

Ipuk mengatakan sangat kagum terhadap sosok S. Yadi K, Menurut dia, Pak Yadi merupakan seniman yang sangat konsisten. Bahkan, dalam kondisi sakit Yadi tetap berkarya. “Konsistensi dan dedikasi beliau itu yang menjadi menginspirasi  kita semua,” ujarnya.

Ipuk menambahkan, dirinya memiliki dua koleksi lukisan karya S. Yadi K,. Satu lukisan Gandrung yang dipajang di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, satu lukisan lain dipasang kediaman pribadi Ipuk, yakni lukisan bertema panen padi.

“Banyuwangi kehilangan sosok seniman yang luar biasa dedikasinya. Kita doakan amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Karya-karya beliau ada bagian amal beliau,” tambah Ipuk.

Ipuk juga mengaku semakin kagum saat berkunjung ke kediaman S. Yadi K. Di rumah tersebut terdapat sejumlah lukisan karya mendiang Yadi.

“Ada foto keluarga yang dilukis sendiri, foto beliau dan istri yang dilukis sendiri, ada juga foto anak-anaknya yang beliu lukis sendiri. Ini melambangkan bahwa beliau sangat cinta keluarga. Family man. Beliau tidak hanya meninggalkan karya untuk masyarakat, tetapi juga untuk keluarga,” kata Ipuk.(*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.