https://jatim.times.co.id/
Berita

Setelah Celine Dion, Giliran ABBA Protes Penggunaan Lagu untuk Kampanye Donald Trum

Senin, 02 September 2024 - 05:11
Setelah Celine Dion, Giliran ABBA Protes Penggunaan Lagu untuk Kampanye Donald Trum Kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump.

TIMES JATIM, JAKARTA – Anggota grup musik pop asal Swedia, ABBA, telah meminta kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, untuk menghentikan penggunaan musik dan video mereka dalam kampanye Trump.

Beberapa lagu hit ABBA, seperti "The Winner Takes It All", "Money, Money, Money", dan "Dancing Queen", diputar dalam kampanye yang digelar Trump bersama pasangannya, JD Vance, pada 27 Juli di Minnesota.

Lagu-lagu ini diputar bersama video, seperti yang dilaporkan oleh harian Swedia, Svenska Dagbladet, yang mengirimkan wartawannya ke acara tersebut.

"Setelah berkonsultasi dengan anggota ABBA, kami menemukan bahwa video-video yang menggunakan musik ABBA telah dirilis di acara Trump, dan kami telah meminta agar penggunaan tersebut segera dihentikan dan dihapus," ujar Universal Music, label rekaman ABBA, dalam sebuah pernyataan.

Label tersebut menegaskan bahwa tidak ada izin atau lisensi yang diberikan kepada kampanye Trump.

Anggota ABBA menolak memberikan komentar lebih lanjut, menurut perwakilan mereka yang menyatakan bahwa mereka sepenuhnya mendukung pernyataan dari Universal Music.

Tim kampanye Trump belum memberikan tanggapan terkait permintaan ini.

Selain ABBA, sebelumnya, sejumlah artis, atau perwakilan mereka, selama bertahun-tahun telah menolak penggunaan musik mereka dalam acara Trump, termasuk mendiang penyanyi-gitaris Amerika, Tom Petty, penyanyi-penulis lagu asal Inggris, Adele, dan band rock R.E.M.

Pada bulan April, label milik mendiang penyanyi dan aktivis asal Irlandia, Sinéad O'Connor, juga menuntut kampanye Trump untuk berhenti menggunakan musiknya.

Baru-baru ini, penyanyi asal Kanada, Celine Dion, bersama labelnya, juga menyampaikan keluhan serupa, menyebut penggunaan penampilannya sebagai "tidak berizin." (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.