https://jatim.times.co.id/
Berita

Upaya Preventif Cegah TBC di Gresik Terus Dimasifkan

Selasa, 01 Oktober 2024 - 19:18
Upaya Preventif Cegah TBC di Gresik Terus Dimasifkan Sosialisasi dan deteksi dini penyakit TBC di Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, GRESIK – Upaya preventif mencegah penyakit tuberculosis (TBC) terus dilakukan di Kabupaten Gresik. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi hingga ke tingkat desa.

Kali ini sosialisasi menyasar para warga di Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik Jawa Timur, Selasa (1/10/2024).

Dalam sosialisasi ini, petugas kesehatan menjelaskan mengenai tanda-tanda awal penyakit TBC, seperti batuk berdahak 2 Minggu, penurunan berat badan, serta demam yang tidak kunjung sembuh. 

Selain itu, mereka juga mengedukasi peserta tentang cara-cara pencegahan, seperti menjaga kebersihan lingkungan, penggunaan masker bagi penderita, serta pentingnya pemeriksaan rutin di puskesmas.

"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat memahami betapa pentingnya deteksi dini dan pengobatan yang tuntas," ujar dokter ahli pratama Puskesmas Kebomas, dr. Emilia Puspitasari.

Melalui program sosialisasi, dr Emilia berharap dapat menemukan kasus TBC lebih awal, memberikan pengobatan yang tepat, dan memastikan pasien benar-benar sembuh untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Sebagai bagian dari program tersebut, peserta juga diberikan kesempatan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, termasuk tes tuberkulin dan konsultasi dengan dokter. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam program pencegahan TBC serta mendorong mereka untuk segera mencari pengobatan jika mengalami gejala yang mencurigakan," ujarnya.

Pemerintah Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas juga mendukung penuh inisiatif ini dan akan terus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk menyelenggarakan kegiatan serupa di masa mendatang.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran TBC," ujar Kepala Desa Sekarkurung, Subkhan.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat mengenai pencegahan dan pengendalian penyakit TBC semakin meningkat, dan program TOSS dapat berjalan efektif, sehingga kesehatan masyarakat di Sekarkurung dapat terjaga dengan baik. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.