https://jatim.times.co.id/
Berita

Puan Maharani Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPR 2024-2029

Selasa, 01 Oktober 2024 - 19:46
Puan Maharani Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPR 2024-2029 Puan Maharani (ketiga kiri) bersama Sufmi Dasco Ahmad (ketiga kanan), Rachmat Gobel (kedua kanan) dan Muhaimin Iskandar (kanan) dalam rapat paripurna perdana di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). (FOTO: ANTARA)

TIMES JATIM, JAKARTAPuan Maharani kembali ditetapkan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk periode 2024-2029 dalam Rapat Paripurna yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2024). Keputusan ini didukung penuh oleh seluruh anggota DPR yang hadir.

Selain Puan, rapat tersebut juga menetapkan empat Wakil Ketua DPR RI baru yang berasal dari berbagai fraksi partai politik. Mereka adalah Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco dari Fraksi Partai Gerindra, Saan Mustopa dari Fraksi Partai NasDem, dan Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Penetapan Pimpinan DPR RI

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPR sementara, Guntur Sasono, berjalan lancar. Dalam rapat tersebut, Guntur menyampaikan pertanyaan kepada anggota yang hadir terkait penetapan pimpinan DPR RI.

"Apakah dapat disetujui dan ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPR RI masa keanggotaan 2024-2029, saya minta pendapatnya? setuju?" tanya Guntur.

Seluruh peserta rapat serentak menjawab, "Setuju."

Guntur juga menjelaskan bahwa penetapan pimpinan DPR ini sesuai dengan ketentuan Pasal 427D dalam Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD atau UU MD3. Berdasarkan ketentuan tersebut, pimpinan DPR terdiri dari satu Ketua dan empat Wakil Ketua yang berasal dari partai politik dengan perolehan kursi terbanyak di DPR.

"Ketua DPR adalah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak di DPR. Sementara Wakil Ketua berasal dari partai politik dengan kursi terbanyak kedua hingga kelima," jelasnya.

Pimpinan DPR RI: Wajah Lama, Posisi Baru

Puan Maharani sebelumnya telah menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024. Sedangkan, Sufmi Dasco juga sudah menduduki posisi Wakil Ketua DPR pada periode yang sama. Tiga wakil ketua lainnya, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal, merupakan anggota DPR RI petahana yang kembali mendapatkan kepercayaan untuk periode 2024-2029.

Rapat Paripurna ini juga menetapkan beberapa agenda penting lainnya, seperti pembentukan fraksi DPR RI, pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPR RI, serta penyerahan palu dan buku memori dari pimpinan sementara kepada pimpinan terpilih.

Sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI hasil Pemilu 2024 resmi dilantik pada hari yang sama. Jumlah ini bertambah dari periode sebelumnya yang berjumlah 575 Anggota DPR dan 136 Anggota DPD. Partai-partai politik yang berhasil lolos ke DPR kali ini meliputi PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.