https://jatim.times.co.id/
Berita

Verifikasi Berkas Duet Zulmi-Rasit di KPU Probolinggo Berlangsung 3,5 Jam, Kenapa Lama?

Selasa, 27 Agustus 2024 - 22:03
Verifikasi Berkas Duet Zulmi-Rasit di KPU Probolinggo Berlangsung 3,5 Jam, Kenapa Lama? Pasangan Zulmi-Rasit mendaftar ke KPU Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGOZulmi Noor Hasani dan H. Abdul Rasit menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Kabupaten Probolinggo, Jatim, untuk mengikuti Pilkada 2024, Selasa (27/8/2024). Proses verifikasi berkas pasangan dengan singkatan ZR ini, berlangsung sekitar 3,5 jam. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, pasangan ini tiba di KPU sekitar pukul 13.37 WIB, baru meninggalkan lokasi 3,5 jam kemudian atau pukul 17.08 WIB. 

Pasangan ini diusung oleh koalisi dua parpol pemilik kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo berdasarkan Pemilu 2024, plus Partai Amanat Nasional atau PAN sebagai parpol non parlemen.  

Dua parpol parlemen yang mengusung Zulmi-Rasit adalah Partai Nasdem (8 kursi) dan PDIP (7 kursi). Zulmi adalah kader PDIP. Sedangkan H Rasit merupakan kader Partai Nasdem. 

Dengan demikian pasangan ini mengantongi 15 kursi dari total 50 kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo. 

Kenapa proses verifikasi pasangan ini berlangsung hingga berjam-jam lamanya? 

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Aliwafa mengatakan, pihaknya telah menerima kedatangan pasangan Zulmi Noor Hasani-H. Rasit dan telah melakukan verifikasi berkas sesuai prosedur. Pihaknya juga telah menyatakan berkas tersebut sudah lengkap.

Ali mengakui, proses verifikasi berlangsung lama hingga berjam-jam. "Memang agak lama karena kami masih mencocokkan data tersebut satu persatu," ungkapnya. 

Pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Probolinggo dibuka mulai Selasa (27/8/2024) hingga Kamis (29/8/2024) di kantor KPU setempat. 

Adapun pemungutan suara Pilkada Kabupaten Probolinggo akan dilangsungkan pada 27 November 2024. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.