https://jatim.times.co.id/
Berita

Kunjungan Wisata Situbondo Sepi, Pengelola Tawarkan Paket Khusus

Rabu, 08 Maret 2023 - 14:43
Kunjungan Wisata Situbondo Sepi, Pengelola Tawarkan Paket Khusus Pengelola Pantai Pasir Putih Situbondo menawarkan paket wisata untuk menekan merosotnya jumlah pengunjung. (Foto: Miftahurrahman/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SITUBONDO – Cuaca buruk yang melanda wilayah pesisir Kabupaten Situbondo, Jawa Timur dalam seminggu ini, tidak hanya berdampak kepada ekonomi masyarakat. Destinasi wisata Situbondo juga terdampak, seperti sepinya pengunjung wisata Pantai Pasir Putih Situbondo dan Kampung Blekok Situbondo.

Pantai Pasir Putih merupakan bagian dari 131 km garis pantai di Situbondo. Namun sayang, saat ini jumlah pengunjungnya sepi.

Ru’aidi, pengelola Pantai Pasir Putih Situbondo mengungkapkan sepinya jumlah wisatawan. “Kebanyakan takut ke pantai mengingat cuaca yang tidak bersahabat dan ombak yang besar,” ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (8/3/2023).

Melansir data dari Dinas Pariwisata Situbondo, wisata Bahari Pantai Pasir Putih menjadi destinasi wisata yang berhasil mencatatkan kunjungan wisata sebanyak 217.867 pengunjung di tahun 2022. Jumlah itu terbanyak dan mengungguli Taman Nasional Baluran yakni 151.425 wisatawan.

Mengantisipasi terus merosotnya jumlah pengunjung, pengelola wisata pantai di Situbondo mulai berfokus kembangkan paket wisata untuk tarik minat wisatawan. “Fokusnya saat ini momen libur lebaran dan libur semester (pendidikan),” beber Ru’aidi.

Kampung-Blekok.jpgPengelola Kampung Blekok optimis mampu menaikkan jumlah pengunjung di tahun 2023 ini. (Foto: Miftahurrahman/TIMES Indonesia)

Adapun paket wisata yang ditawarkan oleh Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo meliputi, paket bundling wisata dan penginapan, serta beberapa wahana air yang ada seperti speed boat, kapal layar dan underwater surfing.

Berbeda dengan Kampung Blekok Situbondo, yang berfokus pada paket wisata edukasi untuk tingkatkan minat wisatawan.

Ranti Seta Ayu Pratiwi, pengelola Kawasan Konservasi Mangrove dan Wisata Kampung Blekok menjelaskan, target wisata tahun 2023 Kampung Blekok fokus pada paket wisata edukasi.

Melalui paket tersebut, perempuan yang akrab disapa Seta tersebut optimis gaet lebih dari 15 ribu pengunjung. “Tahun kemarin kita catat 12 ribu wisatawan. Tahun ini pasti bisa tembus 15 ribu wisatawan,” kata Seta.

Dengan pola penawaran paket wisata tersebut, diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan destinasi wisata Situbondo. Seperti wisata Pantai Pasir Putih Situbondo dan Kampung Blekok Situbondo. (*)

Pewarta : Rhomadona (MG-410)
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.