https://jatim.times.co.id/
Berita

Himap UB Mengabdi 2024 Resmi Dibuka, Usung 3 Program untuk Desa Pandanajeng

Minggu, 13 Oktober 2024 - 16:31
Himap UB Mengabdi 2024 Resmi Dibuka, Usung 3 Program untuk Desa Pandanajeng Suasana saat foto bersama mahasiswa UB, seusai pembukaan Himpa Mengabdi tahun 2024. (FOTO: Dok for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Departemen Sosial Lingkungan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya (Himap FISIP UB), resmi membuka program Himap Mengabdi 2024, di Desa Pandanajeng, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Sabtu (12/10/204).

Kegiatan yang bertajuk "Wirya Krama" tersebut membawa tiga program akselerasi untuk membantu pertumbuhan masyarakat di sektor pendidikan, Lingkungan dan Kesehatan. 

Program Himap FISIP UB itu, dibuka di Kantor Desa Pandanajeng, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Pandanajeng beserta seluruh jajaran Kepala Dusun (Kasun) dan perangkat desa setempat.

Edi Mansur, selaku Kepala Desa Pandanajeng, dalam sambutanya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya telah memilih Desa Pandanajeng sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Himap Mahasiswa UB. 

"Sangat tepat program yang ingin dikembangkan, Desa kami memang terdapat problematika keterbelakangan pendidikan, tata kelola lingkungan, dan minimnya akses kesehatan," katanya.

Lebih lanjut, Edi berharap agar kehadiran mahasiswa UB, mampu memberikan solusi penyelesaian permasalahan di desanya, yang nantinya dapat membekali warga untuk tumbuh lebih baik.

“Kegiatan semacam ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup warga Desa, khususnya Desa Pandanajeng. Semoga dapat membantu dan banyak manfaatnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ardiansyah Athalla Putra, selaku Kepala Departemen Sosial Lingkungan Himap Fisip UB, mengawali langkah dalam mengabdi dengan memberikan motivasi dan dorongan kuat, agar kegiatan dapat terlaksana atas dasar semangat dan kerja kolaborasi. 

"Modal keberhasilan program ini dengan semangat. Semoga antara mahasiswa, Pemerintah Desa, dan masyarakat dapat bekerjasama dalam melaksanakan program ini," harapnya.

Kegiatan yang berfokus pada tiga program itu, secara praktik menggunakan pendekatan humanistik, untuk mempermudah dalam berkomunikasi, dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Desa. 

Tiga program Himap Mengabdi Mahasiswa UB ini, sekaligus metode penerapannya, diantaranya, Pertama, Pendidikan. Memberikan edukasi kepada siswa-siswi melalui sekolah dasar di Desa Pandanajeng 

Kedua, Lingkungan. Mengajak Masyarakat Desa Pandanajeng untuk melakukan kerjabakti serta penanaman pohon di sekitar lingkungan balai Desa. 

Ketiga, Kesehatan. Memfasilitasi medical check up untuk masyarakat Desa Pandanajeng lebih tepatnya kepada para Lansia. 

Departemen Sosial Lingkungan Himap FISIP UB, berharap program ini tidak hanya menjadi ajang pengabdian, tetapi juga mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat Desa Pandanajeng.

"Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk berkontribusi bagi pertumbuhan masyarakat di Desa Pandanajeng," jelas Ardiansyah Athalla Putra. (*)

Pewarta : Hainorrahman
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.