https://jatim.times.co.id/
Berita

Perkuat Dukungan Santri, Khofifah Sebut Jatim sebagai Provinsi Pertama dengan Perda dan Pergub Pesantren

Minggu, 13 Oktober 2024 - 13:16
Perkuat Dukungan Santri, Khofifah Sebut Jatim sebagai Provinsi Pertama dengan Perda dan Pergub Pesantren Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir dalam Pengajian Hari Santri Nasional  dan Peresmian Rehab Masjid Al Huda Tawangrejo serta Pawai obor dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Blitar. (Foto: dok KIP)

TIMES JATIM, BLITAR – Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir dalam Pengajian Hari Santri Nasional  dan Peresmian Rehab Masjid Al Huda Tawangrejo serta Pawai obor dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Blitar, Sabtu (12/10/2024) malam.

Dalam kesempatan ini, Khofifah menekankan HSN menjadi momentum untuk mengisi kembali semangat bagi santri dan warga NU untuk terus  menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

“Salah satu orang yang ditugasi penyiapan nomenklatur Hari Santri Nasional  oleh Presiden Jokowi saat itu adalah kami. Saat itu, Bapak Presiden Jokowi menelepon saya tepat tiga hari sebelum dilantik. Beliau menyampaikan Hari Santri akan disiapkan Keppres atau Perpres, dan kemudian menanyakan apa liburbapa tidak serta  hari santri dimulai pada 1 Muharrom atau tanggal lain,” kata Khofifah. 

“Bahwa kami  termasuk  salah satu yang diamanahi untuk menyiapkan payung hukum Hari Santri Nasional. Kemudian saya dengan Pak Pratik yang sekarang Mensesneg saling bertukar email untuk menyiapkan draf yang bisa direkomendasikan pada Bapak  Jokowi saat itu sebelum beliau dilantik sebagai presiden di tahun 2014,” imbuhnya.

pilgub-jatim-2.jpg

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa perumusan HSN saat itu juga tidak sesederhana yang bisa dilihat. Akan tetapi ada yang sempat meragukan dan kesulitan untuk mencari bukti catatan sejarah bahwa yang berjuang saat peristiwa tewasnya AWS Mallaby itu adalah dari kalangan santri.

“Ada yang bilang, pada peristiwa itu santrinya hanya 12 orang. Ini menjadi hal penting menurut saya bahwa ternyata banyak yang ingin menghilangkan peran NU dalam memperjuangkan  kemerdekaan dan kemudian mempertahankan kemerdekaan RI,” kata Khofifah.

Karena itu sejarah NU yang berjuang habis-habisan untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan harus dikuatkan dan terus di-remain serta didokumentasikan

Terutama ketika Hasyim Asy’ari mengomandani kiai dan santri dan mengeluarkan fatwa 'Resolusi Jihad' pada 22 Oktober 1945. Resolusi Jihad ini berisi kewajiban bagi setiap orang atau fardhu ain untuk berjihad mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan melawan penjajah yang masih berada di Indonesia.

“Itulah mengapa pasukan yang turun dalam agresi militer yang kemudian puncaknya di Surabaya itu adalah pasukan santri, dan para pengasuh pesantren,” ujarnya.

Karena saat perumusan HSN ada perdebatan, Khofifah sendiri turun tangan untuk menelusuri sejarah mencari berapa jumlah santri, pengasuh pondok pesantren yang turun bersama-sama dengan membawa bambu runcing melawan penjajah.

“Bahkan saya menemukan catatan sejarah bahwa Bung Tomo sowan ke KH Hasyim Asy’ari dan menanyakan, 'Kiai kalau saya ingin membangun semangat bersama untuk mempertahankan Indonesia apa yang harus saya ucapkan?’ Maka saat itu KH Hasyim Asy’ari menyampaikan ‘Tolong pekikkan kalimat takbir, Allahu Akbar,” urai Khofifah.

“Bahwa pekikan takbir yang diteriakkan Bung Tomo adalah dawuhnya Kiai Hasyim Asy’ari, pendiri NU, agar semangat para pejuang dilipatkan oleh Allah. Cerita-cerita sejarah semacam ini mulai hilang dari sejarah,” kata Khofifah.

Tak hanya itu, Khofifah menegaskan bahwa setelah ada Undang-Undang tentang pesantren, maka Jatim adalah provinsi pertama yang mengesahkan Perda dan  Pergub tentang pesantren.

“Maka pergub tentang pesantren pertama adalah Jawa Timur. Itu karena gubernurnya santri. Bagi saya Pesantren adalah Social capital, yang luar biasa,” tegasnya.

pilgub-jatim-3.jpg

Lebih lanjut Khofifah juga menyatakan perhatian untuk pesantren dan santri. Saat jaman Gubernur Imam Utomo dan Pakde Karwo, ada beasiswa S1 untuk santri. Namun begitu Khofifah menjabat di periode pertama, ia menginisasi untuk menambah program beasiswa untuk santri dan guru madin, tidak hanya S1, tapi juga S2 dan hingga S3.

“Dalam lima tahun kami memimpin, sudah ada 5.583 penerima beasiswa S2, S2, dan S3 untuk santri dan juga guru madrasah diniyah di Jawa Timur. Itu adalah bagian dari ikhtiar kita untuk meningkatkan kualitas SDM dari pesantren,” ujar Khofifah. 

Tak hanya itu, Khofifah juga berhasil melaksanakan program beasiswa dari Pemprov Jatim untuk santri Jatim kuliah sarana di Universitas Al Azhar Kairo Mesir. Bahkan Khofifah menghadap langsung pada Grand Syekh Al Azhar untuk mendapatkan kuota beasiswa santri Jatim kuliah di Al Azhar. 

“Ini sudah masuk tahun ke empat. Pertahun ada sebanyak 30 santri Jatim yang kita berikan beasiswa kuliah di Azhar. Dan Alhamudulillah kuotanya ditambah 3 orang per tahun ini,” tegasnya. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.