https://jatim.times.co.id/
Berita

Festival ‘Gir Sereng’ Probolinggo, Bangkitkan Semangat UMKM dan Pecinta Layang-Layang

Minggu, 08 September 2024 - 22:01
Festival ‘Gir Sereng’ Probolinggo, Bangkitkan Semangat UMKM dan Pecinta Layang-Layang Pj Wali Kota Probolinggo, Nurkholis, mencoba menerbangkan layang-layang pemenang. (Foto: Agus Raja/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Probolinggo yang ke-665, warga Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, menggelar Festival "Gir Sereng" di Pantai Permata Pilang pada Minggu (8/9/2024).

Festival ini dimeriahkan oleh berbagai kegiatan menarik, mulai dari pertunjukan seni budaya hingga bazar UMKM yang turut memeriahkan suasana.

Salah satu daya tarik utama adalah lomba layang-layang dengan total hadiah jutaan rupiah, yang berhasil menarik antusiasme warga. Peserta dibatasi hanya 100 orang karena tingginya minat.

Lurah Pilang, Rois Siswanto menyatakan, Festival "Gir Sereng" bertujuan untuk memperkenalkan Pantai Permata Pilang sebagai destinasi wisata baru di Kota Probolinggo.

Festival ini telah diadakan untuk kedua kalinya dan terus mendapatkan sambutan positif dari masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah, selain sebagai perayaan Hari Jadi Kota Probolinggo, festival ini juga berdampak positif pada ekonomi UMKM lokal," ujar Rois.

Pj Wali Kota Probolinggo, Nurkholis, turut hadir dan memberikan apresiasi atas kesuksesan acara ini. Ia berharap Festival "Gir Sereng" dapat berkembang lebih besar dan menjadi agenda tahunan.

"Festival ini bukan hanya untuk memperingati ulang tahun Kota Probolinggo, tetapi juga sebagai sarana promosi wisata Pantai Permata Pilang yang memiliki potensi besar," ujar Nurkholis.

Festival ini juga mencatat kemenangan Robi Fajar, warga Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok, yang berhasil meraih juara pertama dalam lomba layang-layang. 

Robi, yang bekerja di Dishub Kota Probolinggo, mengaku tidak menyangka bisa memenangkan lomba, mengingat ketatnya persaingan.

“Gak nyangka bisa juara karena peserta lainnya juga bagus-bagus," ucap Robi saat ditemui di rumanya, Minggu (8/9/2024) malam.

Robi mengungkapkan, biaya pembuatan layang-layangnya mencapai Rp600 ribu. Ia berharap acara ini dapat terus berkembang sebagai ajang kreativitas dan mempererat persahabatan di antara warga Kota Probolinggo. (*)

Pewarta : Ryan Haryanto
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.