https://jatim.times.co.id/
Berita

Pekerjaaan Fisik 13 Km Jalan Nasional Gondanglegi-Balekambang Kabupaten Malang Siap Digarap

Minggu, 01 September 2024 - 18:58
Pekerjaaan Fisik 13 Km Jalan Nasional Gondanglegi-Balekambang Kabupaten Malang Siap Digarap Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Khoirul Isnaidi Kusuma. (FOTO: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Pekerjaan fisik proyek strategis infrastruktur jalan nasional Gondanglegi-Balekambang di Kabupaten Malang segera dilakukan. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Khoirul Isnaidi Kusuma.

"Proyek jalan nasional Gondanglegi-Balekambang sudah siap action (pengerjaan) fisik. Pekerjaanya langsung ditangani 2 segmen, di ruas Gondanglegi - Wonokerto dan Wonokerto sampai simpang Balekambang," katanya kepada TIMES Indonesia, Minggu (1/9/2024) petang. 

Khoirul-Isnaidi-Kusuma-2.jpg

Dikatakan, pekerjaan fisik yang dilakukan langsung sekaligus untuk dua segmen tersebut berada di titik LOT 16A dan LOT 16B. Panjang total ruas jalan yang dikerjakan kurang lebih 31 kilometer. 

Menurut Oong, panggilan akrab Khairul Isnaidi, pengerjaan yang segera dilakukan ini menyusul saat ini usulan untuk jalan nasional ruas Gondanglegi - Balekambang sudah disetujui dari pihak pemberi anggaran yakni IsDB (Islamic Development Bank) yang berkantor di Jeddah, Arab Saudi. 

"Pihak IsDB menyatakan No objection Letter atau tidak keberatan atas pemenang lelang/tender, dan pelaksana pekerjaan saat ini sudah berkontrak," terangnya. 

Selebihnya, kata Oong, hanya perlu waktu persiapan fisiknya, seperti persiapan penebangan pohon, land clearing, persiapan lahan, penempatan batching plan dan penempatan alat berat di sekitar Desa Bantur, serta uitzet dan MC Nol.

"Artinya sudah siap pekerjaan fisik. Hanya saja, ini kegiatan Kementerian PUPR dan anggarannya adalah dari pinjaman lunak luar negeri dari IsDB. Sehingga, prosedurnya memang berbeda dengan APBN atau APBD, di mana kalau sudah kontrak ya tinggal eksekusi fisik saja," jelas Oong. 

Diakuinya, pekerjaan untuk jalan nasional ini bukan pekerjaan mudah, sehingga perlu persiapan matang untuk mengawali pekerjaan fisiknya. Termasuk penebangan pohon dan penempatan alat-alat berat.

Dengan begitu, lanjutnya, masyarakat tenang dan diharap proyek segera mulai dikerjakan.  "Untuk persiapan harus dilakukan penebangan pohon, pembangunan direksi keet, juga pemindahan pipa PDAM InsyaAllah bulan ini," lanjutnya. 

Oong menyebut, untuk waktu pengerjaan jalan nasional Gondanglegi-Balekambang ini, dilakukan dengan multi-years sampai tahun 2026 mendatang.

Item pekerjaan yang harus dilakukan, harus ada pekerjaan penggantian pondasi bawah dan pondasi atas, masing-masing 30 sentimeter plus 20 sentimeter, AC-BC dan AC-WC.

Skema pengerjaan ini untuk dua lapis aspal, pengecoran, pelebaran menjadi 13-15 meter, termasuk drainase jalan di lokasi proyek Kabupaten Malang. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.