Berita

Dialog Inovatif untuk Menyegarkan Semangat Nahdliyin di Era Abad ke-2 NU

Minggu, 19 Maret 2023 - 10:31
Dialog Inovatif untuk Menyegarkan Semangat Nahdliyin di Era Abad ke-2 NU Nongki bersama Tokoh NU Banyuwangi. (Foto : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Angkatan muda Nahdlatul Ulama (NU) Arah Baru, menggelar dialog nongkrong bareng bersama tokoh-tokoh NU di Banyuwangi, untuk memberikan penyegaran kepada warga Nahdliyin setelah NU masuk babak baru yaitu abad kedua.

Acara bincang-bincang yang dilaksanakan di gedung Islamic Center Banyuwangi tersebut menawarkan sajian dialog inovatif bagi calon-calon pemimpin NU di Banyuwangi untuk lima tahun mendatang bersama semua warga Nahdliyin, dalam menyambut Konferensi Cabang (Konfercab) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi 2023.

Dijelaskan oleh Ketua Panitia Nongki Bareng, Sugito, dengan mengusung tema 'Arah Baru NU Banyuwangi Dalam Abad ke 2' dialog bersama tokoh NU Banyuwangi itu juga sebagai upaya menjaring tokoh-tokoh baru NU Banyuwangi  yang akan dicalonkan menjadi ketua PCNU selanjutnya.

"Melalui acara ini, bisa juga  menjadi salah satu parameter kesejukan program kerja, secara transparan dan inovatif," jelasnya, Minggu (19/03/2023).

Sugito, yang akrab disapa Cak Gito, menambahkan, bila mana saat ini memang masih belum ada catatan nama calon kandidat ketua PCNU selanjutnya untuk bisa meneruskan perjuangan dari  KH Ali Makki Zaini.

"Karena kita juga mengacu pada pidato KH. Ali Makki Zaini, yang tidak ingin mencalonkan diri kembali menjadi ketua PCNU Banyuwangi diperiode selanjutnya. Karena dawuh Kyai sebagai sebuah fatwa yang wajib ditaati," katanya.

"Narasumber nongki bareng ini, menurut saya sangat mumpuni menjadi calon kandidat terpilih selanjutanya" imbuh Cak Gito.

Perlu diketahui beberapa narasumber acara nongki bareng tokoh NU Banyuwangi tersebut ialah, KH. Guntur Al-Badri, Kemudian yang kedua KH. Ainul Yaqin, yang ketiga KH. Turmudzi dan sebagai pembanding juga didatangkan KH. Sunandi Zubaidi. Keempat Tokoh tersebut menjadi tokoh senter dengan memberikan inovasi untuk memberikan gebrakan terbaik untuk PCNU Banyuwangi kedepannya.

Selain itu acara nongki bareng ini tidak hanya digelar dalam satu tempat. Acara berikutnya akan dilaksanakan di daerah Banyuwangi tengah yang meliputi wilayah Kecamatan Rogojampi dan sekitarnya, kemudian daerah Bayuwangi selatan yang meliputi wilayah Genteng dan sekitarnya.

"Jadi kita ingin menjaring banyak tokoh NU yang ada diseluruh Banyuwangi, sebelum dilaksanakanya konfercab yang kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang," tukasnya.

Kegiatan yang berlangsung dengan khidmat tersebut memberikan banyak catatan dengan harapkan membuat kesejukan kepada PC NU dan semua Nahdliyin di Banyuwangi. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.