https://jatim.times.co.id/
Berita

15 Srikandi Melenggang ke DPRD Kabupaten Probolinggo, Ini Daftarnya

Minggu, 01 September 2024 - 18:11
15 Srikandi Melenggang ke DPRD Kabupaten Probolinggo, Ini Daftarnya Pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2024-2029 (FOTO: Sekretariat DPRD)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Ada 15 perempuan yang dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2024-2029, Jumat (30/8/2024) siang. Jumlah srikandi itu setara dengan 28 persen dari total jumlah anggota dewan yang dilantik, yaitu 50 orang. 

Siapa saja mereka dan dari partai apa? Berdasarkan data KPU kabupaten setempat, 14 srikandi tersebut berasal dari lima parpol berbeda. Warna-warni. 

Partai Golkar menjadi penyumbang terbanyak. Lima kader perempuan partai beringin berhasil melenggang ke DPRD Kabupaten Probolinggo, berdasarkan hasil Pemilu 2024.

Partai Nasdem menempati posisi kedua. Empat kader perempuan dari parpol dengan jargon Restorasi Indonesia ini terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo.

Di posisi ketiga dan keempat, ada Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB dan Gerindra. Dua parpol ini masing-masing mengantarkan dua kader perempuan ke kursi dewan. 

Adapun di posisi kelima ditempati Partai Persatuan Pembangunan atau PPP. Partai berlambang Ka'bah ini menempatkan seorang kadernya duduk di kursi DPRD Kabupaten Probolinggo. 

Berikut daftar srikandi di DPRD Kabupaten Probolinggo tersebut, sesuai dengan parpol yang menaunginya.

Golkar

Intan Cahya Kurniasari (Dapil 1) 
Arbaiyah (Dapil 2) 
Nur Laila Kusnia (Dapil 4) 
Siska Dwiarianti (Dapil 5) 
Ning Ayu Nofita (Dapil 7) 

Nasdem

Sumarmi Rasit (Dapil 2) 
Nur Hasanah (Dapil 3) 
Feri Gita Rahayu (Dapil 4) 
Nur Azizah (Dapil 5) 

PKB

Siti Komariyah (Dapil 1) 
Dewi Azizah (Dapil 1) 

Gerindra

Supriatin (Dapil 2) 

Lilik Kusiani (Dapil 5) 


PPP
Umil Sulistyowati (Dapil 7) 

Di antara 14 srikandi yang terpilih menjadi wakil rakyat itu, lima di antaranya merupakan incumbent. Yaitu Sumarmi Rasit (Nasdem), Nur Hasanah (Nasdem), Nur Laila Kusnia (Golkar), Nur Azizah (Nasdem), dan Umil Sulistyowati (PPP). 

Jumlah srikandi yang terpilih sebagai angggota DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2024-2029, sama dengan periode sebelumnya, hasil Pemilu 2019.

Namun di tengah jalan, ada dua srikandi yang dilantik menjadi anggota dewan melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu atau PAW. 

Dua srikandi itu adalah Musrifatun (Golkar) yang menjadi anggota DPRD sejak 2022 hingga 2024. Serta Tis Atun Nur (Nasdem) yang menjadi anggota sejak 2023.

Secara keseluruhan, ada 16 srikandi yang pernah duduk di kursi DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2019-2024. (*) 

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.