Wisata

Seru! Ngabuburit di Alun-alun dan Masjid Agung Kota Probolinggo Tetap Favorit

Selasa, 02 April 2024 - 22:00
Seru! Ngabuburit di Alun-alun dan Masjid Agung Kota Probolinggo Tetap Favorit Sejumlah kawasan Alun-Alun dan Masjid Agung Kota Probolinggo tampak ramai dengan warga yang sedang ngabuburit. (Foto: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Salah satu momen yang dinantikan saat Ramadan adalah berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat, teman, atau pacar sambil menunggu waktu berbuka. Kegiatan yang kerap disebut ngabuburit ini seolah menjadi rutinitas bagi beberapa kalangan.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan sembari ngabuburit menunggu waktu adzan Magrib, mulai dari memburu takjil, tadarus, nongkrong, bahkan secara berkelompok mengatur jadwal ngabuburit dan buka bersama.

Salah satu tempat ngabuburit yang masih menjadi favorit adalah di Alun-Alun, karena lokasinya yang berdekatan dengan Masjid Agung Raudlotul Jannah Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam pantauan TIMES Indonesia, banyak warga yang ngabuburit di sekitar alun-alun kota mangga ini. Bahkan tidak sedikit, warga yang sengaja datang berbondong-bondong bersama dengan keluarga besar.

Seperti yang dilakukan oleh Rohim (41), warga Desa Maron, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, ia bersama keluarga sengaja datang ke Alun-Alun Kota Probolinggo untuk ngabuburit.

“Saya berangkat dari rumah tadi pukul 15.00. Dalam Ramadan tahun ini, saya datang sudah dua kali untuk ngabuburit bersama dengan keluarga,” kata Rohim, Selasa (2/4/2024) sore.

Seperti biasa, Rohim dan keluarganya yang sengaja datang telah menyiapkan segalanya, mulai dari alas duduk di tengah alun-alun hingga menata bekal untuk berbuka bersama. 

“Kenapa jadi favorit? Karena saya dan istri bisa menikmati pemandangan sore yang langsung mengarah ke Masjid Agung, sementara anak-anak bisa menghabiskan waktu sambil bermain. Untuk kakaknya, pergi berburu takjil di sekitar alun-alun,” ungkap pria 3 anak itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sholehudin (47), pria asal Kecamatan Kanigaran, Kelurahan Kanigaran. Ia mengaku senang ngabuburit di sekitar alun-alun. Menurutnya, pemandangan sore hari, saat melihat matahari terbenam di balik Masjid Agung, tampak menawan.

“Jadi rasanya hati ini tenang melihatnya. Kemudian, bisa sekalian sholat berjamaah di Masjid Agung,” kata pria yang akrab disapa Udin itu.

Bagi Udin, ngabuburit di alun-alun merupakan tempat yang terbaik. Oleh karena itu, setiap Ramadan, ia pastikan tidak pernah absen untuk ngabuburit di sana.

“Setiap ramadan pasti kesini. Paling sedikit dalam satu kali ramadan itu bisa tiga hingga empat kali. Ramadan kali ini saja sudah tiga kali dengan sekarang,” Tutup Udin. (*)

Pewarta : Rizky Putra Dinasti
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.