https://jatim.times.co.id/
Berita

Rekrutmen KPPS Dibuka, KPU Bondowoso Minta PPS Patuhi Aturan

Rabu, 18 September 2024 - 14:24
Rekrutmen KPPS Dibuka, KPU Bondowoso Minta PPS Patuhi Aturan Komisioner KPU Bondowoso divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Muhammad Makhsun saat memberikan arahan (FOTO: KPU for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso membuka rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada serentak 2024.

Rekrutmen KPPS Pilkada Kabupaten Bondowoso ini dibuka sejak Selasa 17 September 2024 dan terakhir Tanggal 28 September 2024, dengan masa kerja 7 November-28 Desember 2024.

Warga yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota KPPS bisa mendaftar di sekretariat PPS desa masing-masing dengan memenuhi sayarat dan melengkapi dokumen yang ditentukan. 

Sayarat dan ketentuan untuk pendaftarannya KPPS tersebut bisa dibaca di media sosial KPU Bondowoso atau di sekretariat PPS. 

Komisioner KPU Bondowoso divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Muhammad Makhsun menjelaskan, jumlah TPS se-Kabupaten Bondowoso berjumlah 1. 201 ditambah satu TPS khusus di lapas. 

Menurutnya, masing-masing TPS membutuhkan 7 anggota KPP, sehingga total kebutuhan KPPS se-Bondowoso sebanyak  8.414.

Menurutnya, pembentukan KPPS di Lapas Klas IIB dapat melalui kerjasama, yakni petugas KPPS berasal dari petugas Lapas. 

Apalagi di Lapas sendiri diisi orang-orang yang menetap di dalamnya dan berada di bawah naungan lembaga. 

"Kan pembentukan KPPS mekanismenya yang normal lewat pendaftaran. Seandainya tidak ada yang mendaftar bisa pakai  penunjukan atau kerja sama,” terang dia. 

Sebelum rekrutmen dibuka, KPU Bondowoso telah melakukan rakor dengan PPK agar rekrutmen sesuai prosedur yang berlaku. 

Dia menegaskan, tidak ada ceritanya pendaftar yang tidak memenuhi syarat kemudian dipaksakan. Jika masih ditemukan, pihaknya siap menindak. 

Apalagi jumlah TPS di Pilkada 2024 ini jauh lebih sedikit dibanding Pemilu kemarin. Sehingga tidak akan kekurangan pendaftar, belum lagi ditambah pendaftar baru. 

"Tidak ada alasan untuk tidak mendaftar, terkecuali di tempat-tempat luar biasa ya," terang dia. 

Dia menegaskan, PPK dan PPS pasti sudah memberikan sosialisasi terkait pendaftaran tersebut. “Kami optimis baik PPK maupun PPS dapat memberikan informasi dan sosialisasi dengan baik,” imbuh dia. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.