https://jatim.times.co.id/
Berita

Pemkab Probolinggo Bakal Buka Bazar Ramadan 2023 di Tiga Lokasi

Minggu, 19 Maret 2023 - 15:09
Pemkab Probolinggo Bakal Buka Bazar Ramadan 2023 di Tiga Lokasi Lokasi bazar Ramadan yang direncanakan akan ditempatkan di sekitar Pusat Oleh-oleh Khas Probolinggo, Rest Area Tongas. (Foto: Facebook Khas Bolinggo)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Momen bulan suci Ramadan 2023 kental dengan munculnya makanan khas. Untuk memfasilitasi penjual makanan khas Ramadan, Pemkab Probolinggo, Jawa Timur, bakal membuka bazar Ramadan di tiga lokasi sekaligus.

Tiga lokasi bazar Ramadan berada di Kecamatan Tongas, Kecamatan Leces, dan Kecamatan Kraksaan. Untuk di Kecamatan Tongas, rencananya akan ditempatkan di Rest Area Tongas. Dekat dengan pusat oleh-oleh khas Probolinggo, Bolinggo.

Untuk di Kecamatan Leces bakal ditempatkan di area Terminal Jorongan, yang merupakan aset pemerintah. “Agar bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat pada Ramadan ini," ungkap Mehdinsareza W, Kabid Perdagangan pada DKUPP Kabupaten Probolinggo, Minggu (19/3/2023).

Sedangkan untuk wilayah Kraksaan, kata dia, masih belum bisa dipastikan. Kemungkinan lokasinya akan diletakkan di sekitar Alun-alan Kraksaan, atau mungkin berada di lokasi lain. Pihaknya masih belum bisa memastikan.

Pria yang akrab disapa Reza itu menuturkan, dalam kegiatan bazar Ramadan DKUPP perlu berkoordinasi dengan OPD lain. Termasuk pihak kecamatan. "Nanti kami sediakan lokasinya dan fasilitasnya," kata Reza.

Ia menyebutkan, Ramadan 2023 ini merupakan salah satu momen besar yang harus dimanfaatkan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Dengan bazar itu, dia berharap dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

Reza mewanti-wanti agar pedagang yang berjualan di lokasi bazar merupakan pelaku usaha setempat. Termasuk pelaku UMKM dengan beragam produknya.

Jika itu terwujud maka, harapan pemulihan ekonomi yang digadang-gadang pemerintah benar-benar tepat sasaran. “Tidak boleh orang luar (daerah),” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, DKUPP juga akan membantu meramaikan bazar tersebut. Salah satunya mendatangkan masyarakat ke lokasi bazar.

Sebelumnya, Pemkab Probolinggo menggelar bazar Ramadan 2022 di sekitaran Alun-alun Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Ada puluhan pelaku usaha yang berjualan di lokasi tersebut. Dari makanan takjil hingga santapan menu buka puasa Ramadan. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.