https://jatim.times.co.id/
Berita

DPRD Kabupaten Banyuwangi Dapat Tips Peran Legislatif dalam Pembangunan Daerah

Rabu, 18 September 2024 - 19:56
DPRD Kabupaten Banyuwangi Dapat Tips Peran Legislatif dalam Pembangunan Daerah Sejumlah anggota DPRD Banyuwangi periode 2024-2029 usai mendapatkan tips peran legislatif dalam pembangunan daerah. (FOTO: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Sebanyak 50 orang anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mendapat tips tentang peran legislatif dalam pembangunan daerah. Bekal pengabdian yang diberikan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, tersebut dipastikan akan mengoptimalkan kinerja wakil rakyat kedepan.

Materi atau tips tentang peran legislatif dalam pembangunan daerah dipaparkan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar selama 4 hari di Hotel & Convention Savana Malang. Mulai tanggal 17 – 20 September 2024. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BPSDM Jawa Timur.

“Bimtek ini digelar untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan anggota dewan,” ucap Wakil Ketua Sementara DPRD Banyuwangi, Inayanti Kusumasari, Rabu (18/9/2024).

Disebutkan, selama Bimtek, para wakil rakyat Bumi Blambangan, bukan hanya diberi tips tentang peran legislatif dalam pembangunan daerah saja. Tapi juga materi orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2024, Sistem Pemerintahan Indonesia, penguatan dan penegakan peraturan perundang - undangan.

“Juga terkait fungsi, tugas dan wewenang serta alat kelengkapan dewan. Hak dan kewajiban anggota DPRD, Tata Tertib, Kode Etik dan Tata Cara Beracara Badan Kehormatan,” beber Inaya, sapaan akrab Inayanti Kusumasari.

“Untuk tips tentang peran strategis legislatif dalam pembangunan daerah, disampaikan langsung oleh Kepala BPSDM Jatim,” imbuhnya.

Guna merangsang daya penyelesaian masalah atau solusi, selama Bimtek mereka juga diajak berdiskusi tentang isu - isu aktual. Mulai tentang implementasi kebijakan pembangunan berkelanjutan di bidang energi, ekonomi dan pangan, solidaritas kemanusian hingga pengamanan dari ancaman global.

“Seluruh materi disajikan para pakar dari BPSDM Jatim dan akademisi dari sejumlah universitas ternama,” ujarnya.

Pasca Bimtek, diharapkan 50 anggota DPRD Banyuwangi, mampu menjalankan tugas pengabdian dengan lebih optimal. Mampu mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.