https://jatim.times.co.id/
Berita

Kulit Wajah Mulus Bersinar Berkat Air Beras

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 00:00
Kulit Wajah Mulus Bersinar Berkat Air Beras Air beras menjadi alternatif bahan kesehatan kulit.

TIMES JATIM, JAKARTABeras telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang efektif untuk perawatan kulit, terutama di Korea Selatan.

Tidak hanya berasnya, air beras, yang dihasilkan dari proses perendaman atau perebusan beras, terbukti memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kulit dan rambut karena kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, dan E.

Penelitian menunjukkan bahwa air beras mengandung antioksidan, salah satunya adalah asam ferulat (Ferulic acid), yang memiliki sifat anti-penuaan dan membantu meningkatkan efektivitas vitamin A, B, C, dan E.

Selain itu, air beras juga kaya akan allantoin, senyawa yang berfungsi menenangkan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Ada dua cara utama untuk membuat air beras yang dapat digunakan sebagai perawatan wajah harian. Cara pertama adalah dengan merebus setengah cangkir beras dalam dua cangkir air.

Setelah mendidih, airnya bisa disaring dan disimpan untuk digunakan selama seminggu. Pastikan beras dibilas terlebih dahulu sebelum direbus untuk menghilangkan kotoran.

Cara kedua adalah dengan merendam setengah cangkir beras dalam dua cangkir air bersih selama beberapa jam. Setelah direndam, airnya dapat disaring dan dibekukan dalam nampan es batu.

Setiap pagi, Anda bisa menggunakan satu es batu tersebut untuk memijat lembut wajah, memberikan sensasi segar sekaligus manfaat perawatan kulit.

Manfaat Air Beras

Air beras dikenal sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari sinar UV berbahaya serta mampu meredakan kulit kemerahan akibat paparan sinar matahari. Air ini juga cocok untuk kulit sensitif karena dapat menenangkan peradangan, mengurangi ruam, mengatasi jerawat, dan mengencangkan pori-pori.

Tak hanya itu, antioksidan dalam air beras membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas dari lingkungan. Kandungan vitamin dan mineral dalam air beras juga bermanfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi, meratakan warna kulit, serta membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.