https://jatim.times.co.id/
Berita

Momen Penuh Khidmat, Pj Gubernur Adhy Pimpin Apel Penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Jumat, 11 Oktober 2024 - 20:38
Momen Penuh Khidmat, Pj Gubernur Adhy Pimpin Apel Penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Pj Gubernur Adhy saat memimpin Apel Penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya di Halaman Kantor Gubernur Jawa Timur Surabaya, Jumat (11/10/2024) sore. (Foto: Dok.Humas Pemprov Jatim)

TIMES JATIM, SURABAYA – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memimpin Apel Penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya di Halaman Kantor Gubernur Jawa Timur Surabaya, Jumat (11/10/2024) sore.

Pataka Jer Basuki Mawa Beya sendiri sebelumnya telah dikirab selama 18 hari sejak dilepas pada tanggal 24 September 2024 yang lalu. Start pelepasan pataka di Kantor Gubernur Jatim dan berakhir di Kabupaten Sumenep. 

Pelaksanaan Kirab Pataka menjadi salah satu rangkaian dari Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-79 Tahun. Kirab ini telah mengelilingi 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan menempuh jarak sejauh 1.915 kilometer (km). 

Pj Gubernur Adhy mengatakan tujuan dari kirab ini untuk menyosialisasikan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-79. Sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk saling menjaga kondusifitas jelang pilkada serentak pada November mendatang. Hal tersebut senada dengan tema kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya tahun 2024 yakni “Sigap Pilkada Damai” (Sipadam). 

“Saya optimis Jawa Timur akan kondusif dalam Pilkada serentak tahun ini, karena masyarakat Jatim sudah dewasa dalam menyikapi perbedaan. Ini kita buktikan saat pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang lalu,” ujarnya.

GUbernur-Adhy-Kirab-Pataka-Jer-Basuki-Mawa-Beya.jpg

Oleh karena itu, lanjut Adhy, sinergitas, kolaborasi dan komunikasi semua stakeholder terus diperkuat dan intensif untuk dilakukan, sehingga suasana keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan pilkada bisa terjaga dengan baik. 

“Di Hari Jadi ke-79 Pemprov Jatim ini, mari kita bersama-sama mewujudkan Jatim yang kondusif, aman dan tertib selama Pilkada, baik pra pelaksanaan, pelaksanaan maupun pasca pelaksanaan,” katanya. 

“Ini juga harmoni dengan tema dan slogan hari jadi Pemprov Jatim tahun ini, yaitu Jawa Timur Bersatu, Bersama Untuk Maju, mari kita wujudkan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Satpol PP Jatim, Andik Fadjar Tjahjono menyampaikan, kirab Pataka kali merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Pemprov Jatim sebagai rangkaian dari peringatan hari jadi Provinsi Jatim.

“Ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan hari jadi Provinsi Jatim. Ini sudah ketiga kalinya dilaksanakan kirab Pataka di Jawa Timur,” katanya.

Pataka sendiri kata Andik, terdiri dari lambang pemprov Jatim, lambang Satpol PP, lambang Linmas, lambang pemadam kebakaran dan lambang KPU. 

“Pataka ini kita kirab ke 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Startnya dari kantor gubernur dan berakhir di Semenep dan hari ini kembali lagi ke sini,” ucapnya

Hadir dalam apel penerimaan kirab pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono, Unsur TNI/Polri, KPU Jatim, Bawaslu Jatim, Dirjen Bea Cukai Jatim II, Kepala perangkat daerah di lingkungan  Provinsi Jatim, Kwatir pramuka Jatim,  BPBD Kab/Kota, Dinas Pemadam Kebakaran Kab/Kota dan Tagana Provinsi Jatim. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.