https://jatim.times.co.id/
Berita

Ada 11 Tanggapan Masyarakat, KPU Banyuwangi Resmi Tetapkan Ipuk-Mujiono dan Ali Makki-Ali Ruchi Sebagai Cabup dan Cawabup

Minggu, 22 September 2024 - 16:34
Ada 11 Tanggapan Masyarakat, KPU Banyuwangi Resmi Tetapkan Ipuk-Mujiono dan Ali Makki-Ali Ruchi Sebagai Cabup dan Cawabup Foto bersama kedua Paslon Cabup-Cawabup Ipuk-Muji dan Ali-Ali bersama KPU Banyuwangi setelah pemberian SK penetapan pasangan calon. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Meski ada 11 tanggapan dari masyarakat namun pada Minggu (22/9/2024) KPU Banyuwangi resmi menetapkan Ipuk Fiestiandani-Mujiono dan Ali Makki Zaini-Ali Ruchi sebagai Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) pada Pilkada 2024.

Ketua KPU Banyuwangi, Dian Purnawan menjelaskan sebelum penetapan dilakukan, pada tanggal 15 hingga 18 September lalu, telah dibuka proses tanggapan masyarakat kepada kedua bakal pasangan calon (Paslon). 

Dalam proses itu, Dian menuturkan terdapat 11 tanggapan, yang mana sebagian besar masyarakat mempertanyakan terkait status Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disandang para cawabup yaitu Mujiono dan Ali Ruchi. 

“Sebanyak 11 tanggapan masyarakat yang masuk sudah diproses klarifikasi, dan setelah mempertimbangkan hasil klarifikasi, KPU sepakat menetapkan 2 pasangan calon sesuai prosedur yang berlaku,” Kata Dian dalam acara Pengumuman Penetapan Paslon Cabup dan Cawabup Banyuwangi, Minggu, (22/9/2024).

Pada pengumuman penetapan tersebut, nampak lengkap dihadiri oleh kedua pasangan calon Cabup dan Cawabup Ipuk Fiestiandani-Mujiono dan Ali Makki Zaini-Ali Ruchi, dengan didampingi partai pengusung dan pendukung di El-Hotel Banyuwangi.

Dian menerangkan setelah resmi ditetapkan paslon, selanjutnya KPU Banyuwangi akan menggelar pengundian nomor urut pada, Senin 23 September, yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan deklarasi pada, Selasa 24 September.

Sedangkan tahapan masa kampanye akan dimulai pada tanggal 25 September hingga 23 November, tahapan yang akan dilalui yakni kampanye untuk kedua pasangan calon. Sementara proses pelaksanaan pemungutan suara akan digelar pada 27 November.

"KPU Banyuwangi berharap seluruh proses akan berjalan dengan kondusif, aman, dan lancar," Ujar Dian.

Sementara itu, setelah usai penetapan Calon Bupati dan wakil Bupati itu, kedua Paslon menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat. 

"Maka, kami berkomitmen bersama tim kami untuk tidak menggunakan cara-cara yang salah yang menyebabkan kampanye hitam atau black campaign dan menyudutkan lawan," tutur Ipuk Fiestiandani.

“Semoga bersama-sama dapat membuat Pilkada Banyuwangi yang damai,” imbuhnya.

Kemudian pasangan Ali Makki dan Ali Ruchi secara khusus berterima kasih kepada Partai Kebangkitan Bangsa yang menjadi satu-satunya partai pengusung keduanya. 

“PKB satu-satunya partai yang mengusung kami, dalam kesempatan kali ini matur nuwun yang banyak seluruh pihak. Alhamdulillah bukan fase yang mudah bagi kami. Tanpa anugerah dari Allah SWT, kami tidak bisa berbicara di depan anda semua,” ujar Ali Makki.

"Harapan kami kepada semua pihak, mulai dari KPU, Bawaslu, aparat penegak hukum, dan semuanya berfungsi dan berposisi di tempat masing-masing serta menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing sesuai undang-undang yang berkaitan dengan Pilkada," tambah Gus Makki. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.