https://jatim.times.co.id/
Berita

BMKG Catat Ada 34 Kali Gempa Susulan di Kabupaten Bandung

Minggu, 22 September 2024 - 16:48
BMKG Catat Ada 34 Kali Gempa Susulan di Kabupaten Bandung Kondisi salah satu rumah warga yang mengalami kerusakan cukup parah pascagempa di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/9/2024). (ANTARA/Rubby Jovan)

TIMES JATIM, BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung mencatat hingga saat ini telah terjadi sebanyak 34 gempa susulan pasca-gempa bermagnitudo 5.0 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (18/9)

"Sebanyak 34 gempa bumi susulan sampai pukul 11.00 WIB, masyarakat tetap waspada dengan gempa bumi susulan ini," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu, Minggu.

Teguh mengatakan gempa susulan yang terjadi memiliki magnitudo yang terus mengecil. Ia mengingatkan potensi gempa bumi susulan masih dapat terjadi ke depan.

“Gempa susulan sudah meluruh dan durasi waktu juga semakin lama. Namun potensi gempa susulan masih bisa saja terjadi,” kata dia.

Dia menyatakan gempa susulan dengan kekuatan guncangan terbesar 3.5 magnitudo dan terkecil 1.2 magnitudo, pihaknya mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

“Tetap waspada dan jangan panik. Perbaharui informasi dari BMKG dan jangan termakan isu-isu yg tidak jelas kebenarannya,” katanya.

Terkait beredarnya isu berupa pesan berantai bahwa akan ada gempa lebih besar, hingga membuat resah warga, BMKG mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kalau ada yang menginformasikan akan terjadi gempa maka itu dipastikan tidak benar karena gempa tidak bisa diprediksi," katanya.

Lebih lanjut, Ayu mengimbau masyarakat yang hendak kembali ke rumah setelah dari pengungsian agar memeriksa terlebih dahulu kondisi bangunan, terutama pada bagian struktur utamanya.

“Masyarakat yang ingin kembali ke rumah silahkan, tapi diperiksa kerusakan bangunannya. Terutama di struktur bangunan. Pastikan kondisi rumah dalam keadaan baik,” kata Ayu. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.