https://jatim.times.co.id/
Berita

Peringati Hari Santri Nasional, Kota Malang Gelar Halal Market Day

Selasa, 22 Oktober 2024 - 23:32
Peringati Hari Santri Nasional, Kota Malang Gelar Halal Market Day Stand pada pameran produk halal usaha pariwisata di acara Halal Market Day 2024, Selasa (22/10/2024). (FOTO: Ananda Sri R.Sihite/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2024 (HSN 2024) Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Malang kembali menggelar acara Halal Market Day.

Acara ini berlangsung selama dua hari, dari 22 hingga 23 Oktober 2024, di Jalan Gajahmada, tepat di sebelah Balai Kota Malang. 

Tema Hari Santri Nasional tahun ini, "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan", menggambarkan semangat untuk meneruskan perjuangan dan bersama-sama melangkah menuju kesejahteraan. Tema ini menjadi dasar filosofi acara Halal Market Day, yang turut menghadirkan beragam produk dan aktivitas.

Peringati-Hari-Santri-Nasional-vv97b3b7fac3dba0ad.jpgKegiatan Choaching Clinic sertifikasi halal kepada masyarakat di acara Halal Market Day 2024, Selasa (22/10/2024). (FOTO: Ananda Sri R. Sihite/TIMES Indonesia)

Halal Market Day 2024 menyuguhkan pameran produk usaha pariwisata, bazar UMKM dari pondok pesantren, serta Coaching Clinic mengenai sertifikasi halal.

Terdapat 14 stand dari sektor pariwisata, termasuk dari The Alana Hotel, WBT Gajayana, Malang Strudel, dan Lumero. Selain itu, 17 bazar UMKM, seperti Ponpes Nurul Huda, Ma'had Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang, dan RMINU, turut memeriahkan acara ini.

Acara ini tidak hanya sebagai ajang pameran, namun juga menjadi platform edukasi bagi masyarakat, terutama bagi pemilik usaha.

Disporapar menyediakan layanan konsultasi gratis mengenai pengurusan izin usaha dan pentingnya sertifikasi halal untuk produk makanan dan minuman. Pengunjung dapat langsung mendapatkan informasi dan bantuan terkait sertifikasi halal di booth yang telah disediakan.

Peringati-Hari-Santri-Nasional-c075b3604dea3694a.jpgSuasana bazar UMKM dan Diskopindag kota Malang pada acara Halal Market Day 2024, Selasa (22/10/2024) (FOTO: Ananda Sri R. Sihite/TIMES Indonesia)

Nunu, S.E., staf Disporapar Kota Malang, menekankan pentingnya acara ini dalam mendukung kebijakan pemerintah terkait sertifikasi halal.

"Kami ingin membantu masyarakat yang ingin mendapatkan sertifikat halal melalui acara ini, sekaligus mengedukasi mereka tentang prosesnya," ungkapnya.

Selain edukasi dan pameran, Halal Market Day juga dimeriahkan oleh penampilan band gambus dari pondok pesantren terpilih serta lomba antar stand pariwisata. Lomba ini menilai stand-stand berdasarkan kreativitas desain, seragam penjaga stand, dan kriteria lainnya. Pengumuman pemenang akan dilakukan di Balai Kota Malang setelah acara berakhir.

Halal Market Day 2024 menjadi momentum penting dalam mendukung usaha lokal dan memfasilitasi para pelaku usaha dalam mendapatkan sertifikasi halal, serta mempererat hubungan antara masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan industri halal di Kota Malang. (*)

Pewarta : Ananda Sri (MG)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.