Berita

Hari Ikrar Gerakan Pramuka, Pakde Sugirah Ajak Pemuda Banyuwangi Berkompetisi Dalam Karya

Sabtu, 31 Juli 2021 - 01:17
Hari Ikrar Gerakan Pramuka, Pakde Sugirah Ajak Pemuda Banyuwangi Berkompetisi Dalam Karya Wakil Bupati Banyuwangi, H Sugirah, S Pd, M Si, atau kerap dipanggil Pakde Sugirah. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Wakil Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, H Sugirah, S Pd, M Si, atau kerap dipanggil Pakde Sugirah, mengajak seluruh pemuda untuk tidak melupakan Hari Ikrar Gerakan Pramuka. Karena hari besar yang diperingati setiap tanggal 30 Juli tersebut merupakan momentum penting bersatunya pemuda kepanduan diseluruh Indonesia.

Tepatnya pada tanggal 30 Juli 1951, di Istora Senayan, Jakarta Selatan, mereka melebur dalam wadah organisasi Gerakan Pramuka.

“Pramuka, Praja Muda Karana, artinya orang muda yang suka berkarya. Jadi Hari Ikrar Gerakan Pramuka merupakan sebuah motivasi bagi seluruh generasi muda, khususnya generasi muda Banyuwangi, untuk berkompetisi dalam karya,” tegas Wakil Bupati Banyuwangi, Jumat (30/7/2021).

Sejarah mencatat, lanjutnya, Gerakan Pramuka bermula dari Gerakan Kepanduan (Boy Scout). Suatu wadah pendidikan yang dilakukan diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis. Serta dilakukan di alam terbuka.

Yang tentunya sarat dengan semangat kebersamaan, kesetiakawanan sosial, gotong royong dan nasionalisme. Jika ditarik dengan kondisi kekinian, Hari Ikrar Gerakan Pramuka, bisa menjadi tonggak tampilnya kaum generasi muda dalam peran serta penanganan pandemi Covid-19.

“Mengutip kalimat melegenda dari Bung Karno, ‘Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan beri aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Ungkapan tersebut menggambarkan betapa kuatnya gerakan yang dilakukan pemuda,” ujar Pakde Sugirah.

Dan sesuai Dasa Dharma Pramuka, jiwa patriotisme tertanam didalamnya. Rajin menolong dan tabah. Maka, lanjut Sugirah, Hari Ikrar Gerakan Pramuka, juga harus menjadi pendongkrak semangat kaum milenial untuk tampil mendukung pemerintah dalam pemulihan ekonomi masa pandemi.

“Masa pandemi harus dijadikan kesempatan untuk menggali potensi kreativitas. Sekaligus masa untuk saling menguatkan seperti sosok Pramuka,” cetus Pakde Sugirah. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.