https://jatim.times.co.id/
Berita

Pemkot Malang Pakai Anggaran BTT untuk Bansos Pedagang Terdampak Kebakaran Pasar Comboran

Rabu, 18 September 2024 - 18:03
Pemkot Malang Pakai Anggaran BTT untuk Bansos Pedagang Terdampak Kebakaran Pasar Comboran Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan saat memantau area Pasar Comboran pasca kebakaran. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANGPemkot Malang mengalokasikan anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) sebagai bantuan sosial kepada para pedagang yang terdampak kebakaran di Pasar Comboran, Kota Malang.

Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan mengatakan, setidaknya ada 74 pedagang yang mendapatkan bantuan sosial.

Bantuan ini diberikan sebagai bentuk penanganan jangka pendek yang dilakukan oleh Pemkot Malang.

"Sebagai intervensi jangka pendek, kita alokasikan anggaran BTT, teknisnya nanti diwujudkan dalam bentuk bantuan sosial, sehingga bisa signifikan dirasakan oleh pedagang," ujar Iwan, Rabu (18/9/2024).

Meski tak ada korban jiwa, keputusan memberikan bantuan sosial itu melihat pada aspek psikologi puluhan pedagang terdampak kebakaran Pasar Comboran, pada Jumat (13/9) malam.

Intervensi bagi pedagang juga merupakan instruksi langsung dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian setelah menerima laporan kebakaran Pasar Comboran.

"Saya mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan, mulai waktu pemadaman kemarin sampai bagaimana pendekatan yang digunakan dalam proses relokasi, tempat sudah ada di lantai satu Pasar Comboran," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh mekanisme penganggaran agar dilakukan sesuai prosedur, sehingga bantuan bisa tepat sasaran.

"Agar secara administratif dan pelaksanaan dilapangan tidak menimbulkan masalah," katanya.

Pembahasan mengenai penyerahan bansos dengan skema BTT ini telah dikoordinasikan dengan jajaran terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP), Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Satpol PP, BPBD, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag), Inspektorat Kota Malang, Kecamatan Klojen hingga Bagian Kesejahteraan Masyarakat pemkot setempat dalam rapat koordinasi di Balai Kota Malang beberapa waktu lalu.

Selain itu, Iwan menambahkan bahwa upaya penanganan jangka panjang kini juga sedang dibahas, salah satunya mengkaji fungsi, sarana dan prasarana, serta rencana perbaikan Pasar Comboran.

"Kami akan rumuskan dan kaji bersama bagaimana fungsi ini berjalan sebagaimana mestinya. Kemudian kelayakan sarana prasarananya dan saya akan coba berkonsultasi terkait perbaikan dan rehabilitasi pasar," ucapnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.