Berita

Penggunaan GeNose C19, Stasiun Kota Baru Malang Tunggu Instruksi Daop 8

Rabu, 27 Januari 2021 - 22:00
1.65k
Penggunaan GeNose C19, Stasiun Kota Baru Malang Tunggu Instruksi Daop 8 Terlihat para petugas yang berada di ruangan Stasiun Baru Kota Malang yang menggunakan APD lengkap guna melayani para penumpang kereta api yang melakukan Rapid Test Antigen langsung di stasiun. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Stasiun Kota Baru Malang hingga saat ini masih menunggu instruksi dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya untuk penggunaan alat deteksi Covid-19, yakni GeNose C19 untuk dipergunakan bagi para penumpang kereta api.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Heru Suprapto terkait kebijakan penanganan Covid-19 di moda transportasi kereta api untuk penggunaan Genose.

"Terkait update kebijakan khusus penanganan Covid-19 itu informasinya langsung ke PT KAI Daop 8 Surabaya," ujar Heru, Rabu (27/01/2021).

Untuk Genose sendiri merupakan alat deteksi Covid-19 rancangan civitas akademi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Alat ini sendiri diklaim mampu mendeteksi Covid-19 dengan cara mengambil sample hembusan napas seseorang.

Lalu, dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) telah mengambil keputusan untuk menjadikan Genose sebagai alat deteksi Covid-19 bagi masyarakat yang akan bepergian.

Hal tersebut pun juga sudah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub No 11 Tahun 2021 terkait perpanjangan pemberlakuan petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dengan menggunakan moda transportasi perkeretaapian dalam masa pandemi Covid-19.

"Kami masih menunggu instruksi. Saat ini kita masih menggunakan alat rapid test antigen untuk pendeteksian Covid-19," ungkapnya.

Secara terpisah, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menjelaskan bahwa untuk pelayanan pemeriksaan menggunakan Genose di stasiun direncanakan akan dilakukan secara bertahap mulai 5 Februari 2021 mendatang.

"Kita saat ini masih melakukan persiapan untuk tahapannya dengan pihak Universitas Gadjah Mada dan PT Rajawali Nusantara Indonesia," katanya.

Untuk saat ini, lanjut Heru, sembari menunggu pengadaan secara resmi Genose test, masyarakat atau para penumpang kereta api bisa menggunakan layanan rapid test antigen yang telah tersedia di PT KAI Daop 8 Surabaya.

"Sementara ini para penumpang bisa menggunakan layanan rapid test antigen di lima stasiun yang berada di bawah naungan PT KAI Daop 8 Surabaya, salah satunya di Stasiun Kota Baru Malang," pungkasnya menjelaskan tentang rencana penggunaan GeNose C19. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.