https://jatim.times.co.id/
Berita

Geliat Sport Tourism di Proliga 2024 Malang, UMKM Lokal Tembus Omzet Jutaan per Hari

Senin, 17 Juni 2024 - 12:44
Geliat Sport Tourism di Proliga 2024 Malang, UMKM Lokal Tembus Omzet Jutaan per Hari Konferensi pers gelaran Proliga 2024 di Malang oleh tim tuan rumah Pertamina. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Gelaran Proliga 2024 Putaran II Pekan 6 yang dilaksanakan di GOR Ken Arok Kota Malang dinilai cukup sukses membawa dampak signifikan bagi sport tourism. Bagaimana tim Pertamina yang menjadi tuan rumah di Malang kali ini, mengaku dampak perekonomian rakyat sangat menggeliat berkat kegiatan kasta tertinggi bola voli nasional.

Area Manager Comrel CSR Pertamina Patraniaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi mengatakan, jika kegiatan yang digelar selama 4 hari nonstop itu telah membawa dampak multiplier effect yang menjadi ekspektasi bersama.

Selain menyajikan kompetisi yang seru, Proliga 2024 di GOR Ken Arok, Kota Malang ini juga menyediakan sejumlah booth dan tenant yang diisi puluhan UMKM binaan Pertamina, UMKM lokal sekitar, Food & Beverage (FnB), Apparel hingga Jersey. 

"Selama Proliga 2024 digelar, kami mendapati rata-rata UMKM mitra binaan kami mendapat omzet penjualan hingga Rp1,5 juta setiap harinya. Itu sungguh di luar ekspektasi kami,'' ujar Ahad, Senin (17/6/2024).

Kemudian, dari segi animo masyarakat dan penggemar bola voli di Malang juga terbukti sangat tinggi. Hal ini dilihat dari hasil penjualan tiket, yakni terdiri dari 3.500 tiket reguler seharga Rp100 ribu dan 200 tiket VIP seharga Rp200 ribu.

"Dari total 3.700 tiket yang dirilis setiap harinya oleh panitia penyelenggara, 80 persen tiket habis terjual setiap harinya. Bahkan di hari pertama dan ketiga itu sampai ludes terjual," ungkapnya

Dengan begitu, ini membuktikan bahwa Malang punya potensi tersendiri dalam menggelar kegiatan yang berkaitan dengan Sport Tourism. Selain sepak bola, animo olahraga masyarakat di cabor lain juga cukup tinggi.

"Saya kira upaya membangkitkan Sport Tourism lewat Proliga 2024 di Malang ini di luar dugaan kami. Ternyata, Malang punya animo yang tinggi di bola voli. Saya kira ini patut dikembangkan dengan penyelenggaraan event-event (kegiatan) olahraga berkualitas lainnya," bebernya.

Selama kompetisi ini digelar, pihak Pertamina selaku tuan rumah juga mendapat banyak feedback, baik dari penonton, ofisial tim, pemain hingga perangkat pertandingan. Hasilnya, mereka mengaku puas dengan kualitas penyelenggaraan kompetisi olahraga dari tuan rumah.

"Semoga saja Malang bisa berkesempatan menjadi tuan rumah Proliga 2024 di final four dan atau musim mendatang. Feedback yang masuk sejauh ini positif sekali," ucapnya.

Sebagai informasi, bukan hanya pergerakan ekonomi dan antusias masyarakat atau pecinta voli di Malang saja yang cukup berdampak. Namun, dua tim dari Pertamina, yakni Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax mampu menyapu bersih dua laga sebagai tuan rumah di Malang.

Hasil ini menjadikan dampak positif bagi seluruh lini dan diharapkan pada kompetisi selanjutnya, Malang bisa menjadi lokasi tuan rumah bagi tim Pertamina. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.