https://jatim.times.co.id/
Berita

Pilkada Kota Kediri, Komunitas Seniman Kota Kediri Sepakat Dukung Pasangan Vinanda Gus Qowim 

Rabu, 18 September 2024 - 17:20
Pilkada Kota Kediri, Komunitas Seniman Kota Kediri Sepakat Dukung Pasangan Vinanda Gus Qowim  Vinanda Prameswati dan Gus Qowim bersama para seniman Kota Kediri (foto : yobby/Times Indonesia)

TIMES JATIM, KEDIRI – Sejumlah seniman di Kota Kediri sepakat untuk mendukung bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Vinanda Prameswati dan KH Qowimmudin Thoha dalam Pilkada Kota Kediri 2024. 

Dukungan tersebut diungkapkan para seniman Kota Kediri yang tergabung dalam Kelompok Seniman Kota Kediri (KSKK) melalui deklarasi bersama yang dilakukan di depan alun-alun Kota Kediri, Rabu (18/09/2024).  

KSKK sendiri terdiri dari seniman lintas seni. Mulai dari musisi, pemain teater dan juga seniman jaranan.

"Kami kelompok seniman Kota Kediri berucap dengan penuh ikhlas dan tulus menyatakan dukungan kepada Mbak Vinanda dan Gus Qowim sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri. Semoga keduanya bisa mewujudkan Kediri Mapan," tegas para seniman dalam deklarasi mereka. 

Dukungan dari para seniman, menurut Vinanda Prameswati merupakan suatu bentuk dedikasi, komitmen serta perjuangan dari para seniman untuk mewujudkan dan memperjuangkan kemajuan seni dan budaya yang ada di Kota Kediri. 

"Mari bersama-sama mewujudkan Kota Kediri menjadi kota yang lebih mapan, kota yang lebih maju pendidikannya, maju kesehatannya, maju budayanya, maju secara sosial, ekonomi, lingkungan, serta budayanya," ujar Vinanda Prameswati. 

Ia juga mengajak para seniman untuk memujudkan Kota Kediri yang lebih agamis, produktif, aman, dan juga Ngangeni. Menurut Vinanda, masyarakat luar akan semakin sering dan kangen untuk berkunjung jika Kota Kediri memiliki budaya yang lebih keren dan bagus. 

"Orang-orang ini ingin kembali lagi ke kota sendiri karena budayanya. Dan tentunya ini bisa dicapai apabila kita semua bekerjasama. Mari kita bersama-sama menciptakan perubahan positif untuk Kota Kediri," tambahnya. 

Sementara itu perwakilan dari Kelompok Seniman Kota Kediri Muhammad Anas mengungkapkan ada enam komunitas seniman yang menyatukan komitmen untuk mendukung pasangan Vinanda Prameswati-Gus Qowim. 

Komunitas tersebut berasal dari komunitas pelaku seniman jaranan, hadrah, teater, dan berbagai genre musik. Aksi deklarasi ini menurut Anas, dilakukan secara spontan oleh para seniman. 

Dalam kesempatan tersebut para seniman juga sempat untuk curhat tentang dinamika dan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan seni budaya, salah satunya terkait perlu adanya gedung kesenian. 

Gedung tersebut diharapkan bisa menjadi wadah bagi para seniman untuk unjuk kreasi. 

"Ini gerakan spontanitas. Para seniman Kota Kediri berkumpul dan sepakat untuk mendukung sepenuhnya pasangan Mba Vinanda dan Gus Qowim. Hari ini yang hadir sekitar 300 orang," jelasnya.(*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.