https://jatim.times.co.id/
Berita

Aqua Banyuwangi Wujudkan Ketahanan Pangan di Desa Benelan Kidul

Rabu, 18 September 2024 - 17:39
Aqua Banyuwangi Wujudkan Ketahanan Pangan di Desa Benelan Kidul Foto A. Direktur Operasi Regional 3 Danone Indonesia, Joshua Prayoga, Kepala Pabrik AQUA Banyuwangi, Achmad Afandi, dan jajaran melakukan simbolis penanaman benih sayur di lahan demplot Dusun Suko, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh. (Foto :

TIMES JATIM – #PASANG SEMUA FOTO

Manfaat keberadaan pelaku investasi PT Tirta Investama pabrik AQUA Banyuwangi, terus dirasakan masyarakat sekitar. Bagaimana tidak, kini warga di sejumlah wilayah Kecamatan Singojuruh tak perlu khawatir akan kekurangan makanan bergizi apalagi stunting.

Melalui optimalisasi lahan pekarangan rumah, warga Dusun Suko, Desa Benelan Kidul bersama Pabrik AQUA Banyuwangi melalui mitranya PPM Paradigma telah sukses mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri.

Bukan itu saja, warga juga disediakan lahan demplot di tengah pemukiman, yang berfungsi sebagai tempat pelatihan, pembibitan, pembuatan bahan baku organik, dan tempat diskusi program-program pertanian bersama Kelompok Wanita Tani Suko Subur.

Rabu (11/9/2024), PT Tirta Investama yang dihadiri oleh Direktur Operasi Regional 3  lDanone Indonesia, Joshua Prayoga, Kepala Pabrik AQUA Banyuwangi, Achmad Afandi, dan jajaran, serta PPM Paradigma bersama Kelompok Wanita Tani Suko Subur, melaksanakan simbolis penanaman sayuran sebagai komitmen AQUA Banyuwangi dalam menyediakan pangan yang bergizi dan ekonomi mandiri melalui program pertanian di tahun 2024.

“Kami berharap, dengan adanya lahan demplot pertanian ‘Tanaman Sayuran Sehat’ ini ibu-ibu mendapatkan pelatihan dan metode perawatan tanaman sayuran sehat menjadi praktisi pertanian di Desa Benelan Kidul," kata, Kepala Pabrik Aqua Banyuwangi Achmad Afandi Rabu, (18/9/2024).

Program pertanian regeneratif pada tahun 2024 ini merupakan program keberlanjutan di bidang pertanian regeneratif untuk memenuhi kebutuhan pangan sehat mandiri untuk keluarga serta menambah nilai ekonomi. 

"Nantinya ibu-ibu ini merawat dengan pemberian pupuk organik di lahan pekarangan serta lahan demplot secara rutin. Hasilnya akan mereka nikmati sendiri, sekaligus mengurangi uang belanja sayur,” ucap Afandi

SR CSR Aqua Banyuwangi Khoirul Hamdani menambahkan, bahwasanya lahan demplot  yang disediakan, akan menjadi pusat pembelajaran pertanian untuk warga Desa Benelan kidul.

Kedepannya demplot ini akan menjadi pusat pembelian secara langsung oleh konsumen kepada Kelompok Wanita Tani Suko Subur secara langsung, serta akan mendapatkan pembelajaran pertanian secara gratis. 

“Program ini juga terintegrasi dengan program cegah stunting, mensupport kebutuhan bibit sayuran, media tanam pupuk organik kebun gizi di Dusun Cawang, Desa Alasmalang yang dikelolah oleh Kelompok PKK,” ujar Irul sapaan akrab Khoirul. 

Salah satu anggota Kelompok Wanita Tani Suko Subur, Sulas mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PT Tirta Investama yang telah memberikan manfaat berupa fasilitas, sarana prasarana dalam bentuk pertanian. Sulas juga menyebut, apabila program pertanian regeneratif tersebut telah membuahkan hasil.

“Alhamdulilah di tahun ini kita telah berhasil memanen beberapa sayuran seperti kangkung, tomat, terong, cabe di lahan Demplot dan pekarangan rumah untuk dikonsumsi sendiri dan sisa panen dapat dijual di pedagang sayur yang telah bekerja dengan kelompok," ucap Sulas.

Diketahui, jika setiap sore di sepanjang jalan, ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Suko Subur Dusun Suko memiliki aktivitas rutin yakni merawat tanaman sayur di pekarangan rumah dan lahan demplot. Berjejeran rak bambu yang berisikan tanaman berbagai macam seperti terong, cabe, tomat dan sayuran dirawat setiap hari hingga dapat dinikmati. (D)

 

Pewarta : Anggara Cahya (MG-456)

Editor : 

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.