https://jatim.times.co.id/
Berita

Kapolres Probolinggo Kota Ajak Warga Gili Ketapang Jaga Kondusifitas

Rabu, 18 September 2024 - 19:48
Kapolres Probolinggo Kota Ajak Warga Gili Ketapang Jaga Kondusifitas AKBP Oki saat memberikan sosialisasi terkait keamanan Pilkada 2024. (FOTO: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGOPolres Probolinggo Kota beserta rombongan berlabuh di Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada Rabu pagi (18/7/2024).

Kunjungan tersebut selain untuk menjalin silaturahmi, juga bertujuan memastikan keamanan wilayah dalam rangka mendukung Pilkada 2024 yang aman, kondusif, dan lancar.

Menggunakan kapal, rombongan yang terdiri dari para perwira Polres Probolinggo Kota, Polairud Polres Probolinggo, KSOP, Camat Sumberasih, dan Danramil, berangkat dari dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga menuju Pulau Gili Ketapang.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, rombongan tiba di dermaga pulau dan langsung disambut oleh perangkat desa, Pokdarwis, tokoh masyarakat, serta tokoh agama.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Oki Ahadian P, mengatakan jika kunjungannya kali ini merupakan upaya mempererat silaturahmi yang telah terjalin.

Selain itu, AKBP Oki juga mengingatkan pentingnya menjaga kondusifitas wilayah, mengingat sebentar lagi akan diadakan Pilkada untuk memilih pemimpin di tingkat provinsi maupun kota/desa.

Menurut AKBP Oki, menjaga situasi kondusif menjelang Pilkada 2024 sangat penting demi kenyamanan bersama. Jika terjadi konflik, petugas keamanan akan memberlakukan pengawasan ketat, termasuk pemeriksaan bagi warga yang bolak-balik ke Pulau Gili.

“Biasanya kita keluar masuk Pulau Gili tanpa ditanya, namun jika terjadi konflik, setiap penyeberangan akan diperiksa oleh petugas, mulai dari tujuan hingga barang bawaan. Ini tentu akan mengganggu kenyamanan,” ujar AKBP Oki.

AKBP Oki optimis jika masyarakat Gili Ketapang akan turut menjaga kondusifitas wilayah, sehingga aktivitas sehari-hari tetap nyaman dan aman.

Ia juga mengimbau masyarakat agar melaporkan segala bentuk provokasi kepada pihak berwenang seperti Babinkamtibmas, Babinsa, Polsek, camat, atau perangkat desa lainnya.

Terkait bantuan alat olahraga berupa bola dan perlengkapan lainnya yang diserahkan saat kunjungan, AKBP Oki menjelaskan, banyak warga Gili Ketapang yang gemar berolahraga, terutama sepak bola. Oleh karena itu, Polres Probolinggo Kota memberikan dukungan berupa bantuan alat olahraga bagi warga setempat.

“Siapa tahu ada atlet sepak bola dari Gili Ketapang yang bisa berprestasi di tingkat nasional, bahkan internasional. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan,” ungkapnya.

AKBP Oki menambahkan, kegiatan positif seperti olahraga dapat menekan angka kriminalitas dan asusila di wilayah tersebut.

Hal serupa disampaikan oleh Kepala Desa Gili Ketapang, Munir. Menurutnya, olahraga sepak bola menjadi favorit pemuda di Gili Ketapang, bahkan ada 22 tim sepak bola di pulau ini.

Dengan adanya kegiatan positif tersebut, angka kriminalitas dan asusila di Pulau Gili Ketapang turun hingga 70 persen. Masyarakat, khususnya para pemuda, menjadikan aktivitas olahraga sebagai sarana kesibukan dan hiburan.

“Setiap tahun, kami mengadakan dua turnamen, yaitu Turnamen Kepala Desa dan Turnamen 17 Agustusan,” jelas Munir.

Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 6.500 dari total 10.000 warga desa, mereka berkomitmen menjaga keamanan wilayah guna mendukung kelancaran Pilkada 2024. (*)

Pewarta : Rizky Putra Dinasti
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.