https://jatim.times.co.id/
Berita

Adu Kekuatan Dukungan Relawan Paslon Pilbup Malang 2024, Siapa Lebih Masif?

Sabtu, 21 September 2024 - 16:53
Adu Kekuatan Dukungan Relawan Paslon Pilbup Malang 2024, Siapa Lebih Masif? Barisan dukungan relawan Pemuda Pancasila Kabupaten Malang yang menyatakan dukungan bagi petahana Sanusi, pada pilkada Kabupaten Malang 2024 nanti, kemarin. (Foto: Hendra Aditya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (bacabup-cawabup) Pilbub Malang 2024 punya basis dukungan non-parpol atau relawan. Masing-masing bapaslon, siap adu kuat mengerahkan dukungan relawan untuk pemenangannya. 

Dua bakal paslon dipastikan maju pada pilkada Kabupaten Malang 2024 itu adalah Sanusi-Lathifah (SaLaf) dan Gunawan-Umar Usman (GUS). Hingga saat ini, tim kedua paslon terus menggalang dukungan, utamanya dari kalangan non partai politik. Di antaranya, dari organisasi kemasyarakatan (ormas) dan berbagai komunitas.

"Sudah banyak ormas dan komunitas di kecamatan yang telah mendeklarasikan dukungan untuk paslon petahana Sanusi dengan Lathifah Shohib (SaLaf)," terang Juru Bicara Sanusi, Akhmad Kusaeri, kemarin, Jumat (20/9/2024).

Pilbup-Malang-2.jpg

Kusaeri menyebut, dukungan relawan sudah meluas dari aktivis ormas seperti GP Ansor, Fatayat, Muslimat, dan lainnya. Sedangkan, hampir semua komunitas di kecamatan juga telah menyatakan mendukung paslon SaLaf.

Ia juga mencontohkan, ada salah satu komunitas masyarakat yang siap jadi relawan di Kecamatan Dampit dan salah satu laskar di Pageralan. 

Tim pemenangan SaLaf juga sudah membagi kelompok untuk menggalang dukungan dari berbagai kalangan usia. Seperti dari kelompok milenial dan generasi Z, sampai kelompok lansia. "Dukungan dari semua kelompok usia kami maksimalkan. Bahkan, kemarin ada yang namanya teman Abah. Mereka terdiri dari teman-teman Abah Sanusi, dari teman sekolah, mondok, hingga kuliah,” lanjutnya. 

Tambahan dukungan juga disampaikan terbuka oleh pentolan Pemuda Pancasila Kabupaten Malang, kemarin. Koesairi menyebutkan, Sanusi akan semakin gencar menggalang dukungan ketika masa cutinya, selama 25 September sampai 23 November 2024.

Dukungan relawan terus mengalir dan meluas kepada paslon SaLaf, menyusul bakal bergabungnya relawan Kompas (Komunitas Pemuda SaLaf) nanti. Komunitas ini berbasis di wilayah Kecamatan Bantur dan Malang Selatan. 

Pilbup-Malang-3.jpgPaslon Gunawan-Umar Usman (GUS) di tengah-tengah relawan Projo Kabupaten Malang, yang menyatakan dukungan pemenangan paslon GUs, belum lama ini. (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

"Dalam waktu dekat, Kompas akan berkumpul menyatakan dukungan untuk SaLaf. Ada koordinator relawan 10 orang tiap desa siap mendukung. Ini ditambah unsur kelompok pemuda lainnya. Baliho dukungan sudah kita pasang dimana-mana," kata Jono, tokoh pemuda adal Desa Wonokerto, Bantur. 

Di sisi lain, pasa kubu paslon GUS juga tak ingin ketinggalan menggalang dukungan relawan pemenangan pada pilbup Malang mendatang. Belum lama ini, dukungan dinyatakan aktivis relawan Pro Jokowi (Projo) Kabupaten Malang. 

Selain itu, Abah Gunawan pernah menyebut, banyak simpatisan relawan dan loyalis pendukung di belakangnya. Diantaranya, komunitas ojek online, pelaku seni budaya, dan jamaah Maiyah. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.