https://jatim.times.co.id/
Berita

Tahun Depan, Jembatan Semampir Kota Kediri Dijadwalkan Diperbaiki

Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:17
Tahun Depan, Jembatan Semampir Kota Kediri Dijadwalkan Diperbaiki Pengguna jalan melintas di Jembatan Semampir kota kediri. (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, KEDIRI – Jembatan Semampir Kota Kediri pada tahun 2025 nanti, menurut rencana akan diperbaiki. 

Jembatan yang terletak di kecamatan Mojoroto, tersebut merupakan salah satu jembatan utama Kota Kediri. Jembatan yang melintasi sungai Brantas itu menjadi penghubung wilayah Kota Kediri sebelah timur dengan sebelah barat sungai. 

Perbaikan tersebut dilakukan dikarenakan jembatan yang telah berusia 32 tahun itu mengalami defleksi yang melebihi batas maksimal.

“Berdasarkan laporan, Jembatan Semampir mengalami defleksi lebih dari 1/800 l, dikhawatirkan kalau kendaraan besar melintas di situ akan terjadi musibah," ujar Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Rabu (16/10/2024).

Dari tiga jembatan utama yang ada di Kota Kediri, posisi Jembatan Semampir berada di sebelah utara Jembatan Bandar Alun-alun dan Jembatan Brawijaya. 

Menurut jadwal, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur - Bali akan memulai proyek pembangunan ulang Jembatan Semampir pada Bulan Maret 2025.

"Oleh sebab itu atas dasar keamanan pemerintah melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur - Bali akan memperbaiki Jembatan Semampir,”  tambah Bagus Alit. 

Selama ini Jembatan Semampir merupakan salah satu jalur bus antar kota dan juga angkutan barang. Jembatan Semampir akan menjadi jembatan kedua di Kota Kediri yang akan dibangun ulang dalam waktu tiga tahun terakhir. 

Sebelumnya pada Agustus 2023 lalu, Jembatan Bandar Ngalim diresmikan setelah satu tahun dibangun. Tidak hanya bentuk dan ukuran yang baru, jembatan yang menghubungkan Kota Kediri sisi timur dan barat tersebut punya nama baru yakni Jembatan Alun-Alun Bandar. 

Penamaan jembatan itu diambil karena jembatan ini menghubungkan Alun-alun dan wilayah Bandar, Kecamatan Mojoroto. Proyek pembangunan Jembatan Bandar Ngalim Kota Kediri mulai dilakukan pada tanggal 25 september 2022 dan selesai setahun kemudian. 

Jembatan Alun-Alun Bandar mengikuti lebar jalan, dari yang awalnya 7 meter menjadi 13 meter serta bertambah menjadi 4 jalur. Selain itu model  konstruksi jembatan juga akan berubah.

Dari yang sebelumnya tipe jembatan callender hamilton atau CH, untuk jembatan baru mengusung tipe jembatan dengan konstruksi steel box grinder atau SBG. (*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.