https://jatim.times.co.id/
Berita

Legacy Diplomasi Khofifah, Kampus Top Dunia King's College London Resmi Berdiri di KEK Singhasari

Selasa, 25 Juni 2024 - 10:49
Legacy Diplomasi Khofifah, Kampus Top Dunia King's College London Resmi Berdiri di KEK Singhasari Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Kampus King's College London. (Foto: Dok.Tim KIP)

TIMES JATIM, SURABAYAKhofifah Indar Parawansa selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 meninggalkan legacy diplomasi yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Jatim.

Khofifah memang menjadikan peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan di Jawa Timur.

Hal ini dibuktikan dengan inisiatifnya mendorong terbentuknya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari yang menjadi KEK Pendidikan pertama di Indonesia dengan menghadirkan King's College London yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia dengan peringkat top 40 berdasarkan QS World University Rankings.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat, KEK Singhasari serta King's College London atas terbitnya izin pendirian kampus King's College London di KEK Singhasari. Ini menjadi modal besar bagi kemajuan pendidikan di Jawa Timur,” kata Khofifah, Selasa (25/6/2024).

Proses pendirian Kampus King's College London diawali dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara KEK Singhasari bersama King's College London tentang Penyelenggaraan Pendidikan Transnational Education pada 23 Oktober 2023 dan ditindaklanjuti kunjungan Dominic Jermey Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timur Leste ke KEK Singhasari pada 13 Desember 2023.

Khofifah-Indar-Parawansa-a.jpg

Pada tanggal 20 Juni 2024 telah dilakukan Penyerahan Izin Pendirian Kampus Cabang King's College London di KEK Singhasari kepada Yayasan King Singhasari Indonesia berupa Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No 238/E/O Tahun 2024. 

Pengajarannya sendiri akan dimulai September 2024, dimana tahun pertama, King's College London akan berfokus pada penyelenggaraan pendidikan program Master Degree dengan menawarkan 2 program studi yaitu MSc Digital Economy dan MSc Digital Future dengan kapasitas sebanyak 100 mahasiswa dan ditargetkan sebanyak 700 mahasiswa hingga tahun 2029. Selanjutnya secara bertahap akan dikembangkan program baru berupa MSc Digital Law (tahun ke-3), MSc Psykology (tahun ke-4), dan MSc Cyber Security (ditahun ke-5)

“Kolaborasi KEK Singhasari bersama King's College London serta instansi Pemerintah diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul untuk mencapai Indonesia Emas 2045,” kata Khofifah Indar Parawansa.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.