https://jatim.times.co.id/
Berita

Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Pj Wali Kota Kediri Ajak Masyarakat Lakukan Pola Hidup Sehat

Jumat, 28 Juni 2024 - 20:07
Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Pj Wali Kota Kediri Ajak Masyarakat Lakukan Pola Hidup Sehat Kegiatan GRADASI yang di gelar di Gedung Nasional Indonesia (FOTO: Diskominfo Kota Kediri)

TIMES JATIM, KEDIRI – Pj Wali Kota Kediri Zanariah mengajak masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat untuk menghindari hipertensi. Hal itu disampaikan dalam acara Gerakan Sadar Hipertensi (GRADASI) 2024, yang sekaligus untuk memperingati Hari Hipertensi Sedunia. Acara diselenggarakan di GNI, Jumat (28/6/2024). 

"Hipertensi atau tekanan darah tinggi bagaikan silent killer yang mengintai keseharian kita. Seperti kita ketahui hipertensi seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas. Jika terus dibiarkan hipertensi dapat memicu gangguan kesehatan serius seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal," Pj Wali Kota Kediri ujarnya.

Ia mengungkapkan meskipun dapat memicu gangguan kesehatan serius masih banyak masyarakat yang belum menyadarinya. Maka dari itu, pentingnya deteksi dini harus dilakukan. Berdasar riset kesehatan dasar nasional prevalensi hipertensi di Indonesia mencapau 34,1%. Sedangkan menurut data Dinas Kesehatan tahun 2023 hipertensi di Kota Kediri telah mencapai 196.205 orang. "Masyarakat harus melakukan deteksi dini. Bisa dilakukan di Posbindu," ungkap Pj Wali Kota Kediri.

Melalui acara ini, pihaknya berharap para kader dan tenaga kesehatan dapat membantu memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat. Khususnya tentang gaya hidup cerdik dan patuh sehingga masyarakat Kota Kediri bisa mencegah dan menanggulangi penyakit hipertensi. Kader dan tenaga kesehatan harus terjun langsung ke masyarakat.

"Tidak lupa tugas Bapak Ibu tidak kalah beratnya saya berpesan tetap jaga pola tidur dan pola makan sehat serta bergizi seimbang. Upayakan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. Serta rutin mengukur tekanan darah baik secara mandiri maupun di fasilitas kesehatan," pungkas Pj Wali Kota Kediri. (Adv)

Pewarta : Canda Adisurya
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.